Rabu 21 Oct 2020 21:23 WIB

10 Film Horor Terbaik Berlatar Luar Angkasa

Film Alien dinilai sebagai mahakarya murni teror luar angkasa.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah sat adegan dalam film Alien.
Foto: 20th Century Fox.
Salah sat adegan dalam film Alien.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Luar angkasa hingga kini masih penuh misteri. Beberapa sineas seperti Mario Bava, Stanley Kubrick, dan Stanley Donen memanfaatkan itu untuk membuat film horor berlatar luar angkasa.

Dari monster luar angkasa hingga vampir luar angkasa, ada banyak film yang mengisahkan alam ruang angkasa untuk memberikan teror menakutkan yang universal kepada penonton. Berikut 10 film horor terbaik berlatar luar angkasa, seperti dilansir di laman Screen Rant pada Rabu (21/10).

1. Alien (1979)

Film klasik yang memulai kegilaan dengan "monster in space" dinilai sebagai mahakarya murni teror luar angkasa. Film yang disutradarai Ridley Scott ini mengisahkan tujuh anggota kru yang bertabrakan dengan monster alien yang "menetas" dan tumbuh di dalam kapal mereka sambil membunuh kru satu per satu.

Penulis skenario Dan O'Bannon awalnya menginginkan film monster beranggaran rendah dan bergaya 1950-an, tetapi produser Walter Hill dan David Giler ingin ceritanya jauh lebih gelap. Berkat film ini, Scott menjadi sutradara yang paling disegani.

2. Aliens (1986)

Aliens adalah film Amerika Serikat (AS) yang disutradarai oleh James Camerons. Sigourney Weaver kembali sebagai Ripley dan bergabung dengan satu batalion marinir luar angkasa untuk bertempur dengan xenomorph, kali ini bertemu dengan Ratu Alien.

Jika film Scott adalah film horor murni, pengambilan gambar Cameron mencampurkan teror dengan aksi dan kegembiraan tanpa henti yang memacu jantung. Film ini sukses besar dan salah satu film yang paling dipuji dan dihormati di tahun 1980-an.

3. Lifeforce (1985)

Awalnya berjudul Space Vampires dan O'Bannon mengadaptasi novel Colin Wilson tentang wabah yang melanda London dan menginfeksi penduduknya yang mulai menguras nyawa korbannya. Tobe Hooper menandatangani kontrak untuk mengarahkan dan mengirimkan film horor berdurasi dua jam 18 menit yang memasukkan misteri Komet Haley dengan vampir alien luar angkasa dan pesan tentang kesia-siaan perang. Film ini menakutkan dan mengasyikkan, menampilkan karya luar biasa dari Hooper dan beberapa efek khusus yang luar biasa.

4. Pitch Black (2000)

Dalam film makhluk kuno Pitch Black, kru pesawat ruang angkasa terdampar di planet tempat monster keluar di malam hari untuk memakan daging. Para kru mencari cara untuk bertahan hidup dari makhluk nokturnal hingga terjadi gerhana yang akan berlangsung hampir sebulan penuh.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Twohy, serta dibintangi Radha Mitchell, Vin Diesel, dan Cole Hauser. Desain makhluknya dibuat dengan baik dan pertunjukannya sesuai dengan nada serius skenario. Mengikuti jejak alien, sekuel Pitch Black menjauh dari horor dan menjadi lebih fiksi ilmiah, meskipun film itu hampir tidak sesukses aslinya.

5. Solaris (2002)

Film ini berdasarkan film tahun 1972 oleh Andrei Tarkovsky, Solaris karya Steven Soderbergh adalah thriller ruang psikologis intim yang mencapai ketegangan yang ditemukan di banyak fitur makhluk. Seorang psikolog yang depresi dikirim ke stasiun penelitian dan secara mental dimanipulasi oleh planet yang diorbitnya.

Solaris dianggap sebagai salah satu film terbaik Steven Soderbergh. Keheningan yang menakutkan dan skor yang moody membuat film ini benar-benar pengalaman yang mengerikan.

6. Event Horizon (1997)

Film Event Horizon bercerita tentang sebuah kapal luar angkasa yang menghilang di Black Hole dan kembali dengan entitas iblis yang mengancam kru penyelamat. Laurence Fishburne dan Sam Neil memimpin para pemeran film horor luar angkasa yang mengerikan dan menakutkan ini. Film disutradarai oleh Paul WS Anderson dari film waralaba Resident Evil, Fame.

7. Forbidden World (1982)

Film ini mengisahkan sekelompok ilmuwan di laboratorium penelitian luar angkasa yang dimakan hidup-hidup oleh monster yang muncul dari eksperimen salah. Film ini terinspirasi dari film monster Ridley Scott dan Forbidden Planet pada 1956. Namun film disutradarai Allan Holzman ini berhasil membuat efek yang hebat dan film yang cukup menyeramkan.

8. Planet of The Vampires (1965)

Dalam keanehan luar angkasa, sekelompok astronot mendarat di planet yang belum dipetakan dan mulai menjadi gila karena kehadiran makhluk jahat yang ada di permukaan. Film ini disutradarai Mario Bava. Meski dengan anggaran rendah, Bava berhasil mempertahankan gaya khasnya berupa palet warna yang didesain dengan indah dan penempatan kamera yang menarik.

9. Galaxy Of Terror (1981)

Roger Corman memproduksi Galaxy of Terror, tiruan dari Alien milik Ridley Scott. Awak astronot menjawab sinyal marabahaya dan pergi untuk menyelamatkan kapal dan krunya. Serangan monster, cacing raksasa, dan mutilasi diri pun terjadi.

Film ini beranggaran rendah dan menggunakan kembali set dari film lain tetapi dilakukan dengan baik dan memiliki pesona tua Roger Corman.

Film dibintangi Ray Walston dan Grace Zabriske. Meskipun merupakan film yang tidak dikenal di antara genre fiksi horor, film ini memiliki momen-momen yang menyeramkan dan cukup efektif.

10. Ghosts Of Mars (2001)

Pada masa depan, Mars telah dijajah dan ditetapkan sebagai koloni pertambangan. Anggota kepolisian Mars tiba untuk mengangkut penjahat berbahaya ketika koloni diambil alih oleh penduduk desa yang telah menjadi monster.

Natasha Henstridge, Ice Cube, Jason Statham, dan ikon blaxploitation Pam Grier membintangi film aksi horor unik John Carpenter. Film ini mengasyikkan dan kadang-kadang mendebarkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement