Kamis 08 Oct 2020 00:55 WIB

7 Hal yang Dapat Membantu Pemulihan Covid-19

Tubuh membutuhkan waktu untuk pulih dari Covid-19.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Wisuda penyintas Covid-19 di halaman Rumah Sakit Lapangan Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/7/2020). Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menunjang penyembuhan pasien Covid-19.
Foto:

REPUBLIKA.CO.ID,

7. Olahraga, nanti dulu!

Kembali berolahraga setelah pulih dari Covid-19 memiliki tantangan tersendiri. Salah satu alasannya, virus penyebab Covid-19, yaitu SARS-CoV-2, memiliki kecenderungan lebih besar untuk menyerang jantung dibandingkan infeksi virus lain, meski dalam kasus Covid-19 bergejala ringan.

Pasien Covid-19 yang sudah pulih disarankan untuk memberi jeda kepada diri sendiri sebelum mulai kembali berolahraga. Berikut ini adalah rekomendasi dari dokter spesialis kedokteran olahraga Dr Etti Barksky.

1. Pasien asimtomatik atau tanpa gejala: Tunggu dua pekan sebelum kembali berolahraga.

2. Pasien gejala ringan: Tunggu sampai semua gejala hilang, kemudian istirahat dua pekan. Setelah itu, baru bisa kembali berolahraga.

3. Pasien gejala berat atau dirawat di rumah sakit tanpa masalah jantung: Tunggu sampai semua gejala hilang, istirahat selama dua pekan, lalu lakukan evaluasi dengan dokter sebelum mulai berolahraga.

4. Pasien gejala berat atau dirawat di rumah sakit dengan masalah jantung: setelah menjalani istarahat selama dua pekan dan lakukan evaluasi dengan dokter. Pasien boleh berolahraga kembali bila mendapatkan izin dari dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement