Selasa 08 Sep 2020 15:35 WIB

Gaun Pernikahan Putri Beatrice Dipamerkan di Kastil Windsor

Gaun pernikahan Putri Beatrice akan dipamerkan mulai 24 September.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Para penggemar kerajaan Inggris saat ini bisa melihat dari dekat gaun pengantin yang dikenakan Putri Beatrice saat menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada Juli lalu (Foto: Putri Beatrice dan suaminya, Edoardo Mapelli Mozzi)
Foto: EPA
Para penggemar kerajaan Inggris saat ini bisa melihat dari dekat gaun pengantin yang dikenakan Putri Beatrice saat menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada Juli lalu (Foto: Putri Beatrice dan suaminya, Edoardo Mapelli Mozzi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para penggemar kerajaan Inggris saat ini bisa melihat dari dekat gaun pengantin yang dikenakan Putri Beatrice saat menikah dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada Juli lalu. Pembuatnya, Royal Collection Trust, mengumumkan gaun itu akan dipajang di depan umum di Kastil Windsor mulai 24 September.

Gaun yang dikenakan Putri Beatrice memang tidak sembarangan. Pasalnya, gaun tersebut milik sang nenek, Ratu Elizabeth. Sang Ratu mengenakannya pertama kali untuk makan malam kenegaraan di Roma pada 1961 silam, dilansir di laman Hello Magazine, Selasa (8/9).

Baca Juga

Ratu Elizabeth juga mengenakan gaun itu lagi saat pemutaran perdana film Lawrence of Arabia di London pada 1962 silam. Selain itu, gaun itu dikenakan pula pada pembukaan Parlemen Negara pada 1966.

Gaun yang terbuat dari peau de soie taffeta gading ini dihiasi pita satin kraton yang juga berwarna gading. Sulaman tangan geometris dengan kristal tampil menawan dengan diameter di atas korset, pinggang, dan pinggul.

Desain asli Sir Norman Hartnell ini memang diubah untuk pernikahan Putri Beatrice di bawah arahan Angela Kelly. Sementara, perancang busana Inggris, Stewart Parvin, juga memodifikasi gaun tersebut agar terlihat lebih modern.

"Siluet rok penuh diperhalus untuk memberikan bentuk yang lebih kontemporer dan sederhana, dan rok dalam serta rok dibuat ulang dan diikat dengan tulle sutra. Tali lengan pendek dari tiga organza ditambahkan ke tali dan disulam dengan vintage diamantés agar sesuai dengan desain sulaman Hartnell asli. Setiap perubahan yang dibuat pada gaun itu dapat dibalik,” kata Royal Collection Trust dalam sebuah pernyataan.

Tak hanya gaun, Kastil Windsor juga menampilkan sepatu pernikahan sang Putri, yakni Valentino yang berkilau. Sepatu itu sebelumnya dipakai untuk pernikahan Duke dan Duchess of Cambridge pada 2011.

Replika buket pengantin Beatrice yang terbuat dari bunga artifisial juga akan menjadi bagian dari pajangan. Buket ini dirancang oleh Patrice Van Helden yang berisi bunga melati, merah muda pucat, dan krem. Putri Beatrice juga meminjam tiara berlian Ratu Mary untuk pernikahannya.

Berlian itu dikenakan Putri Elizabeth pada hari pernikahannya. Hanya saja, permata itu tidak akan dipajang di Kastil Windsor.

"Pada kesempatan ini tidak mungkin untuk menampilkan tiara yang dikenakan oleh Yang Mulia pada hari pernikahannya," ujar juru bicara Trust.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement