Rabu 02 Sep 2020 22:49 WIB

Manfaatkan Merapikan Tempat Tidur Usai Bangun Tidur Pagi

Merapikan tempat tidur ternyata berkaitan dengan produktivitas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Merapikan tempat tidur ternyata berkaitan dengan produktivitas (Foto: ilustrasi tempat tidur)
Foto: Needpix
Merapikan tempat tidur ternyata berkaitan dengan produktivitas (Foto: ilustrasi tempat tidur)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi sebagian orang, merapikan tempat tidur adalah kebiasaan reflektif setiap pagi. Akan tetapi, ada juga yang malas melakukannya, termasuk saat harus bekerja dari rumah seperti saat ini.

Survei terbaru menunjukkan fakta menarik, di mana merapikan tempat tidur ternyata berkaitan dengan produktivitas. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang merapikan tempat tidur cenderung lebih produktif sepanjang hari.

Baca Juga

Dilansir laman The Ladders, Rabu (2/9), survei baru dari Best Mattress Brand mengambil sampel 1.000 orang yang merapikan tempat tidur setiap pagi. Mereka melaporkan sangat produktif di tempat kerja (34 persen) dan 58 persen mengatakan produktif.

Selain itu, 74 persen yang merapikan tempat tidur merasa telah mencapai sesuatu di penghujung hari dibandingkan 50 persen yang tidak merapikan kamar. Jadi, rupanya dengan begitu banyak orang yang bekerja dari rumah, merapikan tempat tidur benar-benar dapat membantu membedakan antara kehidupan kerja dan kehidupan rumah.

 

Fakta bahwa tempat tidur yang tidak dibersihkan kemungkinan menjadi sarang tungau debu. Saat tidur, tungau dapat memakan sel-sel kulit mati manusia, berkembang biak hingga buang air besar. Namun saat merapikan tempat tidur, orang justru dianggap benar-benar menyediakan tempat terlindung bagi tungau debu.

"Tidak merapikan tempat tidur bisa membuat Anda lebih sehat," kata peneliti Dr Stephen Pretlove kepada BBC.

Hal itu karena tungau hanya dapat bertahan hidup dengan mengambil air dari atmosfer menggunakan kelenjar kecil di bagian luar tubuhnya. Sesuatu yang sederhana seperti membiarkan tempat tidur tidak dirapikan di siang hari dapat menghilangkan kelembapan dari seprai dan kasur sehingga tungau akan mengalami dehidrasi dan akhirnya mati.

Pada dasarnya, tungau atau serangga berukuran kurang dari satu milimeter itu bisa berjumlah banyak di tempat tidur. Tungau juga bisa menyebabkan alergi, mulai dari pilek, mata gatal, sakit tenggorokan, sulit bernapas, sesak dada, dan mengi.

Terlepas dari itu, merapikan tempat tidur dapat memberikan manfaat. Selain membuat orang merasa kurang produktif sepanjang hari, membersihkan rumah juga dapat menjaga kondisinya tetap kering karena tungau berkembang biak dalam kondisi lembab.

Selain itu, menjauhkan hewan peliharaan dari tempat tidur dan mengganti pakaian dari luar rumah juga akan sangat membantu menjaga diri dari gangguan yang tidak diharapkan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement