Sabtu 25 Jul 2020 05:55 WIB

Aturan Darius Sinathrya Bagi Anak untuk Bermain Gim

Darius dan istrinya menerapkan aturan anak-anak hanya boleh main gim saat akhir pekan

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Darius Sinathrya
Foto: Republika
Darius Sinathrya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi artis Darius Sinathrya, digital dan gawai adalah dua komponen yang tidak bisa dipisahkan. Ia dan istrinya, Donna Agnesia, selalu berusaha menerapkan aturan anak-anak hanya boleh main gim saat akhir pekan.

Waktunya pun dibatasi, yakni sehari dua jam. Aturan ini sudah di terap kan sejak mereka masih kecil. Pada praktiknya, terkadang ada pula kompromi karena mereka memiliki tiga anak dan satu gadget. "Di situ kita juga mengajarkan mereka sharing," ujar Darius, saat sharing dalam rangka hari anak nasional.

Baca Juga

Mainan-mainan atau gim yang mereka mainkan itu dipantau serta diawasi oleh Darius maupun Donna. Pasangan ini juga berusaha sekali untuk menghindar kan anak-anak ter ekspos dengan mainan-mainan yang berbau kekerasan sam pai umur tertentu.

Pasangan selebritas ini pernah mem belikan sang anak, Lio nel Nathan Sinath rya, gawai saat anak perta manya itu duduk di kelas 4 SD. Sewaktu itu Lionel mengikuti summer camp di luar negeri. Gawai tersebut digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga.

Pada hari ketiga, Lio bercerita, dia merasa tidak bisa berbaur sama teman-temannya. Darius berpikir, mungkin ada faktor saat teman-temannya main gim, tetapi di gawai Lio belum ada gim sama sekali.

Akhirnya Darius dan Donna berdiskusi serta memberikan izin Lio untuk mengunduh gim yang bisa dimainkan bersama teman-temannya. "Tapi, akhirnya di situ kita melihat gitu kan bahwa ternyata anak-anak sekarang berinteraksi salah satunya dengan gim," ujarnya.

Lio pun kemudian nyaman bersama teman-temannya, bisa berbaur dengan baik, tidak merasa sendiri. Dua pekan summer school pun terasa cepat sekali dan menyenangkan. Menurut Darius, ia dan istri tetap memberi kepercayaan kepada anakanaknya. "Kalau ada yang agak-agak bandel dikit, pasti akan sampai juga ke papa-mamanya. Tinggal kita ingatkan lagi," kata Darius.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement