Ahad 19 Jul 2020 01:00 WIB

Aktivis #MeToo Sebut The Sun Salah Kutip soal Johnny Depp

Johnny Depp menggugat penerbit The Sun terkait artikel 'Pemukul Istri'.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Mantan pasangan suami istri Johnny Depp dan Amber Heard. Sidang guguatan Depp terhadap media asal Inggris The Sun masih berlangsung.
Foto: AP
Mantan pasangan suami istri Johnny Depp dan Amber Heard. Sidang guguatan Depp terhadap media asal Inggris The Sun masih berlangsung.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Seorang aktivis #MeToo memberikan keterangan dalam dokumen pengadilan terkait kasus dugaan pencemaran nama baik aktor Johnny Depp oleh surat kabat Inggris The Sun untuk artikel "Pemukul Istri". Dalam keterangan tertulis itu disebutkan bahwa The Sun telah salah mengutip atau menyalahgunakan pernyataan terkait kasus aktor Pirates of the Carebbian itu dengan mantan istrinya, Amber Heard.

The Sun pernah memuat artikel yang menyebutkan Depp telah menganiaya Heard secara fisik. Artikel juga mengeklaim ada serangan balasan terhadap penulis JK. Rowling karena dia membela Depp yang membintangi  film adaptasi novelnya.

Baca Juga

Selain itu, The Sun juga mengutip Katherine Kendall, aktris dan aktivis yang mengaku diserang oleh mogul film yang dipenjara Harvey Weinstein. Kendall mengatakan "sepertinya Amber terluka".

Dalam pernyataan tertulis, Kendall mengatakan, dia berbicara pada April 2018 dengan seorang wanita yang ia ketahui sebagai reporter The Sun. Dia mengatakan, pernyataannya telah disalahgunakan oleh The Sun untuk mencapai tujuan media tersebut.

"Meskipun benar bahwa saya adalah korban Harvey Weinstein, sisanya adalah bohong," kata Kendall.

Menurut Kendall, dirinya tidak mengatasnamakan gerakan #MeToo untuk mengekritik JK Rowling. Dia juga tidak menuduh Depp menyakiti Heard.

"Tentangnya, saya tidak memiliki pengetahuan," lanjutnya.

Kendall juga mengatakan dia telah mendengar "beberapa kali" bahwa Heard kasar kepada Depp. Kasus Depp dan The Sun sudah memasuki hari kesembilan untuk kesaksian di Pengadilan Tinggi di London. Hakim Andrew Nicol telah mendengar kesaksian Depp maupun beberapa karyawan atau mantan karyawannya terkait dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Salah satu penjaga keamanan Depp, Travis McGivern, mengatakan bahwa ia pernah melihat Heard meludahi Depp dan melemparkan sekaleng minuman berenergi Red Bull kepadanya selama pertengkaran di penthouse Los Angeles pada bulan Maret 2015. Heard sempat mengeklaim bahwa Depp memukul dan menarik rambutnya, tetapi McGivern membantahnya.

"Ini tidak terjadi dan sama sekali tidak," tuturnya.

Mantan isteri Depp, Winona Ryder dan Vanessa Paradis juga telah memberikan kesaksian bahwa sosok Depp tidak kasar. Sebaliknya, sosok Depp adalah pria penyayang dan baik hati.

Depp dan Heard bertemu saat membuat drama komedi The Rum Diary pada 2011 dan keduanya menikah pada Februari 2015. Heard mengajukan cerai 15 bulan kemudian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement