Senin 06 Jul 2020 00:55 WIB

Tiga Bagian dari Coffee Maker Ini Harus Rutin Dibersihkan

Coffee maker yang kotor juga bisa memengaruhi cita rasa kopi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Coffee maker yang kotor juga bisa memengaruhi cita rasa kopi (Foto: ilustrasi coffee maker)
Foto: Pexels
Coffee maker yang kotor juga bisa memengaruhi cita rasa kopi (Foto: ilustrasi coffee maker)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi dari Yayasan Sanitasi Nasional mengenai persepsi kebersihan menemukan bahwa dapur adalah area yang paling banyak ditunggangi kuman. Salah satu sarang kuman dan sampah adalah mesin pembuat kopi (coffee maker) Anda.

Memiliki coffee maker yang kotor dan dipenuhi kuman bukan sekadar persoalan higienis. Namun menurut juara NYC Coffee Masters, Etika Vonie, coffee maker yang kotor juga bisa memengaruhi cita rasa kopi.

Baca Juga

"Anda pasti ingin setiap cangkir kopi memiliki kenikmatan yang sama ketika menyeduhnya. Jadi coffee maker yang bersih setiap hari adalah keharusan," kata Vonie.

Lalu bagian mana saja yang perlu dibersihkan dari mesin? Melansir laman Gear Patrol, Senin (6/7), berikut adalah tiga area coffee maker yang paling penting untuk dibersihkan.

Carafe

Carafe atau botol pembuat kopi pasti memiliki noda dan kandungan mineral apa pun yang ditinggalkan oleh kopi yang diracik. Untuk membersihkannya, bisa dengan mencucinya seperti biasa atau dengan pembersih khusus seperti Urnex.

Penyaring

Alat ini adalah benda yang menampung kopi saat mesin mengalirkan air. Mengingat penyaring adalah area lalu lintas air, maka ini menjadi tempat paling potensial bagi gerinda mikroskopis, limescale bahkan jamur.

Menurut Vonie, idealnya penyaringan dibersihkan setiap kali akan digunakan bahkan dengan hanya mencucinya dengan air mengalir di wastafel. Menurut dia penyaringan juga

"Selain dari jamur dan kerak yang muncul pada coffee maker Anda, kopi sejatinya bersifat korosif dan asam sehingfa berpotensi merusak mesin Anda jika lama melekat pada peralatan Anda,” kata Vonie.

Water tank

Selain kuman, mesin pembuat kopi mengembangkan limescale (residu mineral dari air yang digunakan dalam pembuatan bir)jauh lebih cepat daripada peralatan lain. Penumpukan limescale tentunya dapat menyebabkan masalah kinerja mesin dan cita rasa kopi.

Vonie menyarankan agar bagian itu dibersihkan dengan larutan cuka putih. Kemudian bilas dengan seksama, hingga cuka dalam water tank tidak ada lagi.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement