Ahad 28 Jun 2020 23:20 WIB

Inovasi Industri Cat dan Pelapis Atasi Pandemi Covid-19

Di Indonesia Silver-Ion efektif sebagai anti mikroba yang digunakan untuk pengobatan

Pada 1 Maret 2020, Nippon Paint China telah menyumbangkan Anti-Virus Kids Paint kerumah sakit di Provinsi Hubei, Tiongkok.
Foto: dok Nippon Paint
Pada 1 Maret 2020, Nippon Paint China telah menyumbangkan Anti-Virus Kids Paint kerumah sakit di Provinsi Hubei, Tiongkok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Organisasi Kesehatan Dunia, World Health Organization (WHO) telah memperingatkan  Covid-19 berpotensi menjadi endemik (virus akan selalu ada di populasi manusia) dalam waktu lama. Michael Ryan sebagai Direktur Kedaruratan WHO menyatakan bahwa dunia perlu mempersiapkan diri dalam pertempuran jangka panjang, pada jumpa pers virtual di Jenewa, Swiss beberapa waktu lalu. 

Sejumlah faktor mempengaruhi bagaimana virus ini dapat kita kendalikan kedepannya, seperti protokol kesehatan, penemuan obat hingga vaksin. Meski vaksin adalah peluang terbaik untuk menangani virus ini, ada sejumlah besar ketidakpastian hingga berdampak pada perpanjangan waktu yang dibutuhkan untuk mengurangi angka penyebaran.

Saat ini dibutuhkan kerjasama semua pihak mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga pihak swasta untuk gotong royong dalam menangani pandemi Covid-19. Perusahaan cat dan pelapis asal Jepang, Nippon Paint berpartisipasi dengan melakukan berbagai upaya. Salah satunya adalah mengembangkan inovasi cat Anti-Virus Kids Paint yang telah diuji dapat membunuh hampir 100 persen Feline Calicivirus (FCV) atau sejenis strain dari Coronavirus yang sangat menular dan menyerang sistem pernapasan. Pada 1 Maret 2020, Nippon Paint China telah menyumbangkan Anti-Virus Kids Paint kerumah sakit di Provinsi Hubei, Tiongkok. 

Di Indonesia, dengan berbagai perkembangan inovasi cat dan pelapis di China, Jepang, dan Singapura, Nippon Paint juga melakukan  penelitian dengan Teknologi Silver-Ion. Beberapa penelitian membuktikan Silver-Ion efektif sebagai anti mikroba yang telah dimanfaatkan sejak lama untuk pengobatan maupun pelapis peralatan medis. 

Silver-Ion sebagai antimikroba dapat membasmi mikroorganisme dengan penetrasi, menghentikan reproduksi dan metabolisme, lalu menghancurkan mikroorganisme tersebut. Daya antimikroba pada Silver-Ion bertahan lama sehingga senyawa ini efektif dalam melawan kuman. 

Nippon Paint Indonesia telah mengaplikasikan Teknologi Silver-Ion pada Nippon Vinilex Fresh sejak tahun 2005 yang digunakan pada bangunan rumah sakit (project based). Kemudian di tahun 2018, teknologi ini diperkenalkan pada bisnis retail melalui Nippon Spot-Less Plus - cat interior segmen premium dengan fungsi anti-noda dan anti-kuman. Kini, Silver-Ion hadir dalam Vinilex antikuman cat interior segmen menengah sejak April 2020 lalu. 

Masaaki Tanaka-CEO Nippon Paint Holdings mengatakan, "kami berharap upaya yang dilakukan,khususnya pada pengembangan teknologi cat dan pelapis akan berkontribusi untuk memastikan bahwa masyarakat dapat hidup dengan aman dan nyaman," katanya dalam keterangan tertulis Sabtu (27/6). 

Kerjasama  riset teknologi yang mencegah penyebaran Covid-19. Termasuk 18 Mei 2020 lalu Tokyo University dan Nippon Paint Holdings menyepakati perjanjian pelapis anti-virus, dan teknologi untuk solusi masalah kesehatan yang muncul saat dan setelah wabah berakhir, dengan tema Establish of Innovative Coating Technologies. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement