Kamis 11 Jun 2020 18:03 WIB

Grammy Awards Ubah Nama Empat Kategori untuk 2021

Peraturan baru dilakukan pada perhelatan Grammy Awards ke-63 pada 31 Januari 2021.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Piala Grammy Award
Foto: EPA
Piala Grammy Award

REPUBLIKA.CO.ID LOS ANGELES -- Penyelenggara Grammy Awards, Recording Academy, telah mengumumkan perubahan besar pada peraturan dan pedomannya. Hal ini untuk memastikan proses dan peraturan nominasi Grammy Awards lebih transparan dan adil.

Peraturan ini dibuat pada pertemuan dewan pengawas pada Mei 2020. Peraturan baru mulai dilakukan pada perhelatan Grammy Awards ke-63 pada 31 Januari 2021.

Empat kategori telah diganti nama dan didefinisikan ulang. Salah satunya yaitu kategori yang sebelumnya dikenal sebagai Best Urban Contemporary Album diubah menjadi Best Progressive R&B Album. Perubahan ini bertujuan untuk mengkategorikan dan menggambarkan subgenre dengan tepat.

Penghargaan kategori Best Rap/Sung Performance juga telah diubah menjadi Best Melodic Rap Performance. Sementara, kategori Latin Pop Album and Latin Rock dan Urban or Alternative Album, kini maisng-masing disebut Best Latin Pop Or Urban Album dan Best Latin Rock or Alternative Album.

Definisi semua kategori ini juga telah bergeser untuk mewakili inklusivitas tren yang berkembang dalam genre rap, serta spektrum yang luas untuk gaya dan budaya musik Latin.

Recording Academy juga telah mengumumkan perluasan kelayakan dalam kategori Artis Baru Terbaik. Artis-artis yang masuk kategori ini setidaknya harus memiliki 30 lagu sebelum dinyatakan layak masuk nominasi.

"Komite seleksi dituntut untuk menentukan apakah artis telah mencapai peraturan baru itu sebelum tahun kelayakan atau tidak," tulis penyelenggara. Ini bukan pertama kalinya Recording Academy memperbaharui kategori Grammy Awards. Organisasi ini mengumumkan serangkaian perubahan pada 2011, yang memangkas kategori penghargaan dari 109 menjadi 78.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement