Kamis 11 Jun 2020 15:25 WIB

Resep Kue Prisma Pelangi Ala Kafe Jepang

Kue prisma pelangi khas kafe Jepang ini viral di Twitter.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kue prisma pelangi khas kafe Jepang termasuk cukup mudah untuk dibuat.
Foto: Twitter Hiroya Tsunekawa
Kue prisma pelangi khas kafe Jepang termasuk cukup mudah untuk dibuat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi yang suka bereksperimen di dapur, kue prisma pelangi khas kafe Jepang berikut sayang jika tidak dicoba. Resepnya merupakan ide dari Hiroya Tsunekawa, fotografer sekaligus pemilik kafe pop-up di negeri sakura.

Tsunekawa membagikan resep kue gelatin dengan tampilan cantik tersebut via Twitter. Ciri khas dari kuenya adalah efek tampilan prisma saat memotong kue menjadi beberapa bagian, selain cita rasa manis dan tekstur lembut.

Baca Juga

Unggahan awal Tsunekawa menjadi cukup populer, disukai oleh lebih dari 78 ribu pengguna Twitter. Banyak warganet sudah berhasil membuatnya sendiri di rumah, bahkan tetap cantik hanya dengan dua warna alih-alih semua warna pelangi.

Cara membuatnya cukup sederhana, hanya membutuhkan lima bahan dan waktu 30 menit. Siapkan air, susu, gula pasir, sirup es serut (atau jus buah sebagai opsi), dan bubuk agar-agar. Jumlah warna yang dipakai sesuai selera tiap orang.

Pertama, gabungkan empat gram bubuk agar-agar, 150 mililiter air, dan 60 gram gula pasir ke dalam panci dan didihkan. Matikan api ketika campuran mulai mendidih, masukkan 300 mililiter susu, kemudian aduk hingga rata.

Masukkan ke dalam lemari es hingga menjadi agar-agar yang kenyal. Ini akan menjadi dasar kue. Ambil panci kedua dan ulangi langkah pertama. Sebagai ganti menambahkan susu, tambahkan lagi 300 mililiter air dan 20 mililiter sirup es serut atau jus buah.

Letakkan campuran kedua di kulkas hingga menjadi kenyal. Ulangi langkah kedua beberapa kali, tergantung pada berapa banyak warna yang ingin ditampilkan pada kue. Pakai sirup atau jus yang berbeda untuk membantu menciptakan efek prisma.

Perlu diingat bahwa setiap campuran sebaiknya ada di kulkas minimal 30 menit hingga mengeras. Ambil campuran warna-warni, potong menjadi kubus-kubus kecil dan letakkan di atas dasar agar-agar putih. Kue siap dihidangkan dan disantap.

Kafe pop-up Tsunekawa bernama Tabi Suru Kissa, yang jika diterjemahkan menjadi "Traveling Café" alias kafe bepergian. Tsunekawa yang juga berprofesi sebagai perancang busana kerap membagikan sejumlah resep kreasi lainnya.

Beberapa di antaranya adalah resep krim soda dan kari. Tsunekawa bahkan menyebut dirinya sebagai "perajin krim soda". Dia terus membagikan kreasi krim soda melalui video atraktif, dikutip dari laman Insider.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement