Selasa 09 Jun 2020 09:00 WIB

3 Masakan Italia yang Bisa Siap dalam 30 Menit

Tak semua makanan lezat membutuhkan waktu lama untuk menyiapkannya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Spageti aglio e olio termasuk masakan yang mudah dan cepat untuk disiapkan.
Foto: Republika/Mutia Ramadhani
Spageti aglio e olio termasuk masakan yang mudah dan cepat untuk disiapkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tak semua makanan lezat membutuhkan proses memasak yang rumit dan lama. Ada cukup banyak opsi makanan lezat yang bisa dimasak hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.

Chef berbintang Michelin dari berbagai belahan dunia memiliki rekomendasi masing-masing terkait makanan lezat yang bisa dimasak dalam waktu kurang dari 30 menit. Makanan-makanan yang bisa dimasak dengan cepat ini tentu dapat menjadi comfort food selama masa-masa karantina mandiri.

Baca Juga

Berikut ini adalah tiga masakan Italia yang bisa dicoba, seperti dilansir Insider.

Spageti aglio e olio

photo
Spageti aglio e olio - (Republika/Shelbi Asrianti)

Chef berbintang Michelin dari restoran Cote di Manhattan David Shim mengatakan spageti aglio e olio merupakan salah satu makanan yang bisa dimasak dengan cepat. Shim mengatakan makanan ini bahkan bisa dibuat hanya dalam waktu 15 menit.

"Saya pribadi sangat menikmati membuat ini karena sangat sederhana," ujar Shim.

Tak banyak persiapan yang perlu dilakukan untuk membuat spageti aglio e olio. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup umum tersedia di rumah seperti bawang putih, minyak zaitun, spageti, peterseli, paprika merah bubuk, serta keju.

Untuk memasaknya, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merebus spageti hingga matang. Sambil merebus spageti, tumis bawang putih yang sudah dicincang dengan minyak zaitun di wajan yang berbeda.

Setelah keluar aroma harum, tambahkan bubuk paprika merah dan sedikit air rebusan pasta. Setelah itu, masukkan keju dan spageti yang sudah masak ke dalam tumisan dan aduk hingga rata.

Risotto klasik

photo
Risotto - (dok Shangrila )

Chef berbintang Michelin Suzette Gresham dari Acquerello gemar memasak risotto bila ingin menyantap makanan yang bisa disiapkan dengan cepat. Kunci utama untuk membuat risotto yang mudah menurut Gresham adalah memunculkan tiga rasa kunci. Belum lama ini, Gresham membuat risotto dengan daun bawang, jamur tumis, dan keju robiola.

"Jangan takut untuk tetap sederhana dan biarkan rasa yang bicara," jelas Gresham.

Bila dibutuhkan, risotto bisa ditambahkan dengan mentega dan keju. Akan tetapi, jangan menggunakan mentega dan keju terlalu banyak ke dalam risotto.

Gresham juga mengatakan semua sayuran cocok untuk ditambahkan ke dalam ristotto. Kombinasi rasa favorit Gresham adalah tomat, basil ,dan keju. Kombinasi lain yang disukai Gresham adalah rempah, makanan laut, dan saffron.

Sayuran panggang

photo
Sayur yang telah dipanggang nikmat disajikan dengan keju. - (Matthew Mead/AP)

Ada beragam sayuran yang bisa dipanggang menjadi sajian lezat hanya dengan dioven. Kreasi makanan ini pula yang direkomendasikan oleh chef eksekutif dari Altamarea Group sekaligus chef berbintang Michelin Lauren DeSteno.

DeSteno biasanya memanggang brokolini, sayuran hibrida dari brokoli dan kale, dengan daging ayam. Sayuran dan daging ini cukup dipanggang di dalam oven dengan suhu 200 derajat Celsius. Sajian ini bisa dilengkapi dengan salad sederhana untuk menambah rasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement