Senin 08 Jun 2020 12:31 WIB

BTS Bikin Fans Meleleh Saat Pidato di Dear Class of 2020

Dear Class of 2020 dimeriahkan oleh BTS, Lady Gaga, hingga Barack Obama.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Grup musik asal Korea BTS turut merayakan kelulusan angkatan 2020.
Foto: EPA
Grup musik asal Korea BTS turut merayakan kelulusan angkatan 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Boyband asal Korea Selatan BTS ambil bagian dalam memeriahkan wisuda virtual Dear Class of 2020 yang berlangsung selama hampir lima jam pada Ahad (7/6). Tiap anggota kelompok berkesempatan memberikan pidato panjang yang membuat para lulusan dan penggemar mereka meleleh.

Dilansir laman Variety, Senin (8/6), BTS juga tampaknya telah mempertimbangkan dengan cermat perspektif yang mereka sampaikan. RM, satu-satunya anggota yang memberikan pidatonya dalam bahasa Inggris, memulai dengan pembahasan seberapa jauh dia merasakan perjalanan bersama para penggemar sejak lulus sekolah menengahnya satu dekade yang lalu.

Baca Juga

TK juga mengatakan bahwa dia tidak merasa dia banyak berubah setelah lulus. Jin bicara blak-blakan kepada para penggemar dengan mengatakan bahwa ia merasa tidak aman setelah lulus. Berkaca dari pengalamannya, dia menawarkan beberapa saran kepada anak-anak muda.

"Apa yang membuat saya bertahan selama masa itu adalah janji yang saya buat pada diri saya sendiri untuk tak ngoyo. Sejak saat itu, sudah menjadi kebiasaan saya untuk meluangkan waktu untuk diri saya sendiri," katanya.

RM mengatakan bahwa mereka berharap bisa terus menyenangkan ARMY, sebutan fan BTS. Beberapa pihak menganggap BTS telah mencapai banyak hal, tetapi para anggota merasakan hal yang tidak berbeda dari kebanyakan anak muda lainya di usia 20-an.

"Mungkin kita hanya melihat satu sama lain melalui kamera, tapi aku tahu masa depanmu akan berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih besar," ungkapnya.

BTS lalu melemparkan topi kelulusan ke udara dan berteriak, "Selamat, kelas 2020!"

Sederet publik figur dunia, seperti Lady Gaga, Beyonce, Katy Perry, mantan Sekretaris Pertahanan AS Robert M Gates, CEO Google Sundar Pichai, mantan Sekretaris Negara Condoleezza Rice, dan lainnya juga bergabung dalam acara tersebut. Mantan Presiden AS, Barack Obama, pun membuat panggung virtual semakin semarak lewat pidato pembukaan.

Sebelumnya BTS juga mengumumkan tentang sumbangan mereka sebesar 1 juta dolar AS untuk Black Lives Matter. Itu menindaklanjuti pesan mereka sebelumnya bahwa mereka "berdiri bersama" dengan anti-rasis.

Meskipun BTS tidak dapat menggelar sejumlah konser sejak kemunculan COVID-19, grup tetap eksis dengan sejumlah headline blok, termasjk “grad party” bersama dengan Megan Thee Stallion dan CNCO. Acara spesial utu juga menampilkan pertunjukan Lady Gaga, Chloe X Halle, Lizzo dan New York Philharmonic dan Finneas, dan banyak lagi.

"Dear Class of 2020" hanyalah salah satu dari beberapa upacara virtual yang diadakan untuk menghormati kelas yang lulus. Acara sempat ditunda untuk menghormati kasus kematian George Floyd akibat dianiaya polisi Minneapolis, AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement