Kamis 14 May 2020 23:00 WIB

Video Jahil Menjamur, Youtuber Efka Hindari Konten Negatif

Efka percaya diri dengan konten positif yang dibawanya.

Youtuber Tanah Air, Efka H Fajar.
Foto: Dok. IG: Efka H Fajar
Youtuber Tanah Air, Efka H Fajar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulai menjamurnya konten negatif dari sejumlah youtuber membuat resah masyarakat. Melihat fenomena ini, youtuber Efka H Fajar memilih untuk menghindarinya. Pria dengan nama lengkap Fajar Hidayatullah ini ogah mengambil jalan pintas agar cepat naik daun. 

"Mau jadi youtuber juga harus optimistis, siap mental, harus niat gak semata-mata bikin konten negatif biar viral dan buat cepat dapat subscriber. Jangan terpaku sama jumlah subscriber yang besar, lebih baik lo punya subscribers sedikit tapi mereka aktif," kata Efka, Kamis (14/5).

Efka menjadi youtuber sejak 2017. Hingga saat ini, Efka memiliki 1,5 juta subscribers. Dia pun tak gentar harus bersaing dengan para pendatang baru. 

"Kalau ngomongin YouTube sekarang tantangannya jauh lebih besar kalau dibandingkan tahun 2017. Saingannya makin banyak. Jadi semua balik lagi apa yang mau lo kejar? Uang? Subscribers? Atau emang ingin berkarya aja."

"Gua mulai aktif di YouTube setelah memutuskan berhenti kuliah di semester 4, prosesnya pahit banget dan gak semudah itu sampe ada di titik sekarang. Konten gua awalnya games dan vlog, tapi lambat laun gua beralih ke konten reaction dan keluar dari idealisme sampai akhirnya punya banyak subscribers," lanjut Efka. 

Tak hanya aktif di Youtube, pemuda berusia 22 tahun itu juga punya usaha sampingan.  

"Gua juga lumayan aktif di bidang musik (pop punk), ada beberapa karya yang gua buat tapi akhirnya gua nikmatin sendiri karena gak pede, tapi alhamdulillah tahun ini proyek musik gua bareng beberapa Youtuber lain bakalan segera terealisasikan," kata Efka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement