Rabu 06 May 2020 04:20 WIB

Trik Hilangkan Bau Bawang Putih di Talenan

Bawang putih meninggalkan aroma tak sedap di permukaan talenan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Bawang putih meninggalkan aroma tak sedap di permukaan talenan (Foto: ilustrasi talenan)
Foto: Google
Bawang putih meninggalkan aroma tak sedap di permukaan talenan (Foto: ilustrasi talenan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Talenan merupakan salah satu alat dapur yang mungkin paling fungsional dan sering digunakan. Sayangnya, beberapa bahan makanan mungkin meninggalkan aroma dan rasa yang menempel dan sulit hilang di permukaan talenan. Salah satunya aroma dan rasa dari bawang putih.

Aroma dan rasa bawang putih yang menempel pada talenan bisa membuat bahan makanan lain yang dipotong di atas alat dapur tersebut ikut berbau. Tentu tak ada yang ingin bila buah strawberry segar yang dipotong di atas talenan menjadi berbau bawang putih.

Baca Juga

Beberapa orang mungkin menggunakan kombinasi sari lemon dan cuka untuk menghilangkan bau bawang putih pada talenan. Kombinasi sari lemon dan cuka ini ternyata tidak cukup kuat untuk menghilangkan bau atau rasa bawang putih.

Beragam informasi di internet juga mengungkapkan bahwa kopi bubuk, kentang parut, apel aprut serta campuran garam dan sari lemon bisa membantu menghilangkan bau dari talenan. Seluruh trik tersebut ternyata tidak memberikan hasil yang signifikan untuk menghilangkan bau pada talenan.

Seperti dilansir Eating Well, Rabu (6/5), pasta baking soda dapat menjadi opsi yang efektif untuk menghilangkan bau pada talenan. Langkah pertama, gosokkan pasta baking soda dengan air hangat ke permukaan telanan. Setelah itu, bersihkan talenan dengan sabun dan air panas.

Dengan cara ini, bau dan rasa bawang putih yang tertinggal di talenan bisa berkurang sangat drastis. Bila dicium sekilas, bau bawang putih bahkan tidak tercium lagi dari talenan.

Namun perlu diingat, penggunaan pasta baking soda ini hanya dapat mengurangi bau dan rasa bawang putih yang tertinggal di talenan. Akan jauh lebih baik bila di dapur tersedia beberapa buah talenan untuk keperluan yang berbeda.

Misalnya, talenan khusus untuk memotong bawang-bawangan, talenan khusus daging dan unggas, talenan khusus makanan masak dan talenan khusus buah atau sayur segar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement