Jumat 24 Apr 2020 05:19 WIB

Cara Menjaga Posisi Duduk yang Benar Saat WFH

Saat WFH tidak semua orang menemukan tempat kerja yang ideal

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih
Saat WFH tidak semua orang menemukan tempat kerja yang ideal. Ilustrasi.
Foto: guardian.co.uk
Saat WFH tidak semua orang menemukan tempat kerja yang ideal. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 membuat jutaan orang di seluruh dunia bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Ada banyak manfaat dari bekerja dari rumah, termasuk jam kerja lebih fleksibel dan bisa dekat dengan keluarga.

Namun masalahnya, banyak dari mereka yang bekerja dari rumah tidak menemukan tempat kerja yang ideal untuk bekerja. Mereka terpaksa bekerja di sofa, ruang makan, atau bahkan di tempat tidur dengan postur tubuh yang tidak terjaga.

Baca Juga

Lalu seperti apa posisi tubuh yang ideal saat bekerja di rumah agar terhindar dari pegal, nyeri pinggang dan leher? Berikut tipsnya seperti dilansir Times Now News, Kamis (23/4).

1. Duduk di kursi yang ideal

Posisi tubuh yang proporsional saat bekerja adalah duduk di depan meja, dengan kaki yang membentuk sudut 90 derajat. Sesuaikan juga ketinggian kursi hingga lengan membentuk huruf L dan siku berada di samping.

2. Gunakan bantalan

Jika di rumah tidak tersedia meja kerja, Anda bisa bekerja dengan posisi duduk tegak di atas sofa. Untuk menghindari nyeri pinggang, gunakan bantalan di belakang punggung.

3. Bekerja di atas kasur

Bisa saja sesekali mengerjakan tugas kantor dari atas kasur. Untuk menghindari pegal-pegal, tambahkan bantalan di belakang punggung. Selain itu, tambahkan pula bantalan di bawah lengan sehingga siku berada pada ketinggian yang sama dengan sisi tubuh, begitu pun laptop tambahkan alas di bawahnya.

4. Jangan membungkuk

Ketika menulis atau mengetik usahakan posisi tubuh tidak membungkuk. Jika tidak ada meja proporsional, simpan saja tumpukan majalah atau buku di bawah laptop dan pastikan posisi monitor tepat di depan anda.

5. Selalu aktif bergerak

Salah satu tantangan besar bekerja dari rumah adalah malas bergerak atau mager. Selama WFH jangan lupa luangkan waktu untuk tetap latihan fisik dan olahraga ringan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement