Kamis 23 Apr 2020 23:25 WIB

Ulang Tahun Shakespeare ke-456 Dirayakan Secara Virtual

Royal Shakespeare Company menginisiasi perayaan ulang tahun virtual

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih
William Shakespeare. Royal Shakespeare Company menginisiasi perayaan ulang tahun virtual. Ilustrasi.
Foto: Guardian
William Shakespeare. Royal Shakespeare Company menginisiasi perayaan ulang tahun virtual. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengagum pujangga termasyhur dunia, William Shakespeare, merayakan ulang tahun idolanya ke-456 secara virtual. Perayaan ini merupakan inisiasi dari perusahaan teater besar di Inggris, Royal Shakespeare Company (RSC).

RSC juga membuat beberapa emoji, termasuk kata-kata yang diambil dari karya besar Shakespeare yakni Romeo and Juliet. Para penggemar kemudian membuat video kreasi mereka diiringi tagar #ShareYourShakespeare.

Baca Juga

Kompilasi video dari tagar tersebut kemudian dibagikan di laman Instagram RSC pada Kamis (23/4) untuk menandai hari lahirnya pujangga asal Inggris tersebut. Meski sejatinya tak ada yang tahu pasti kapan tanggal kelahiran penulis drama yang telah membuahkan karya besar seperti Julius Caesar, Hamlet, Othello, Macbeth, dan King Lear.

Video #ShareYourShakespeare ini dibuka oleh pembacaan puisi bertajuk The Seven Ages of Man oleh aktor David Tennant. Sederet aktor top seperti Harriet Walter, John Kani, dan Adjoa Andoh juga turut andil dalam video tersebut.

Direktur artistik dari Royal Shakespeare Company, Gregory Doran, mengatakan bahwa mereka kebanjiran video perayaan ulang tahun dari pengagum Shakespeare. Karenanya ia sempat kewalahan saat harus membuat video kompilasi.

"Mereka sangat kreatif. Ada yang membuat adegan Romeo dan Juliet pada Lego, membacakan Hamlet kepada kucing mereka, juga memerankan kembali Pertempuran Agincourt di kebun belakang. Kami sangat senang menerima tanda cinta mereka untuk Shakespeare di masa karantina ini," kata Doran dilansir Irish Examiner, Kamis (23/4).

Berbicara terkait karantina, Doran mengungkap Shakespeare juga pernah mengalami isolasi. Tepatnya ketika dia baru terjun menjadi penulis naskah drama di London. Kala itu teater diperintahkan untuk ditutup, padahal Shakespeare telah menulis dua puisi narasi yang luar biasa bertajuk Venus and Adonis dan The Rape Of Lucrece.

Doran paham bahwa perayaan virtual ini cukup berat dilakukan mengingat saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. Karenanya ia sangat berterima kasih atas kreativitas dan tanda cinta dari semua penggemar di seluruh dunia.

“Dalam situasi ini, kita semua dapat memainkan peran kita, besar atau kecil untuk tetap terhubung dan merayakan ulang tahun ke-456 Shakespeare," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement