Selasa 21 Apr 2020 08:45 WIB

Orkestra Lagu Star Wars Didedikasikan untuk Tenaga Medis

MPYO buat video orkestra Star Wars sebagai bentuk penghormatan bagi tenaga medis.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Video musik lagu tema dari film Star Wars dari Malaysian Philharmonic Youth Orchestra (MPYO) didedikasikan untuk tenaga medis.
Foto: Youtube
Video musik lagu tema dari film Star Wars dari Malaysian Philharmonic Youth Orchestra (MPYO) didedikasikan untuk tenaga medis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai bentuk solidaritas melawan Covid-19, grup orkestra Malaysian Philharmonic Youth Orchestra (MPYO) membuat video musik orkestra. Memainkan musik tema dari film Star Wars, mereka mendedikasikan video itu untuk menghormati jasa para tenaga medis di Malaysia dan seluruh dunia.

Video itu kemudian dibagikan di grup Facebook MPYO pekan lalu. Para anggota MPYO memainkan instrumen sendiri-sendiri dari rumah masing-masing dan kemudian diedit untuk digabungkan.

Baca Juga

"Ini adalah penghargaan khusus dari talenta muda MPYO untuk para tenaga medis yang bekerja sangat keras dalam masa-masa pandemi Covid-19 ini," kata konduktor orkestra Naohisa Furusawa, dilansir Channel News Asia, Selasa (21/4).

 

Lagu Star Wars Suite yang dikomposisikan oleh John Williams dipilih sebagai pertunjukan utama dalam video tersebut. Dalam video itu, Furusawa juga meminta agar masyarakat tetap di rumah dan menikmati penampilan mereka.

Video dimulai dengan judul Star Wars kemudian disertai prolog "Star Wars: The Movement Control Order". Itu mengacu pada langkah-langkah karantina wilayah yang telah dilaksanakan Malaysia untuk pengendalian Covid-19.

Seorang juru bicara orkestra mengatakan, video musik itu idenya lahir dari keprihatinan para musisi orkestra atas pandemi sekaligus sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada tenaga medis. Format video musik dan bermain dari rumah masing-masing juga dilakukan sebagai upaya mendukung penerapan karantina wilayah.

Star Wars dipilih karena merupakan lagu yang populer dan orang-orang mengenalnya, sementara temanya cocok untuk menggambarkan keadaan sekarang," kata juru bicara itu.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement