Ahad 01 Mar 2020 18:12 WIB

Peluang Bisnis Bagi Para Sneakerhead

Peluang bisnis di dunia sepatu atau sneakers masih cukup tinggi.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Nora Azizah
Peluang bisnis di dunia sepatu atau sneakers masih cukup tinggi (Foto: pebisnis di dunia sneakers, dr. Tirta)
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Peluang bisnis di dunia sepatu atau sneakers masih cukup tinggi (Foto: pebisnis di dunia sneakers, dr. Tirta)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tirta Mandira Hudhi atau yang dikenal dengan dr. Tirta sudah membangun usaha cuci sepatu Shoes and Care sejak tujuh tahun silam. Dokter lulusan Universitas Gadjah Mada itu membagikan kiat kepada kaum muda yang ingin memulai bisnis dalam bidang apapun.

"Tipsnya, percaya diri sama niat. Kalau ada rasa optimistis, sesuatu yang nggak mungkin menjadi mungkin," kata vlogger yang dikenal sebagai penggila sneakers itu.

Baca Juga

Kiat penting lain yang dia anjurkan adalah membuat perencanaan yang matang, bukan asal memulai bisnis. Setelah merancang rencana, tentukan sumber anggaran untuk memulai usaha sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Sebagian orang menggunakan tabungan dan gaji yang disisihkan selama bekerja sebagai modal awal. Ada pula yang mendapatkannya dari orang tua, pinjaman bank, dan sumber lain. Bisa juga tanpa modal dengan menerapkan sistem dropship.

Sang dokter menyarankan pebisnis pemula untuk selalu kreatif dan fleksibel di segala kondisi. Idealnya, pebisnis perlu memiliki prinsip 'tinggi tanpa menginjak' atau tidak lupa diri. Kompetitor yang ada juga tak boleh dianggap musuh, melainkan cerminan.

Dalam bidang bisnis sepatu, peluangnya pun semakin tinggi. Semakin banyak jenama lokal yang bermunculan. Tirta mengatakan, ada beberapa jenama Indonesia ternama yang justru dikira berasal dari luar negeri karena kualitasnya sangat baik.

"Saya amati itu karena brand tidak pernah menulis pernyataan bahwa dia dari Indonesia, memang dibiarkan bias. Menurut saya, tidak perlu mengatakan hal itu hanya untuk mendulang penjualan, cukup dengan meningkatkan kualitas," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement