Selasa 25 Feb 2020 15:57 WIB

Selebritas Ramai Komentari Vonis Bersalah Harvey Weinstein

Harvey Weinstein dinyatakan bersalah untuk kasus pelecehan, perkosaan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Mantan produser film Hollywood, Harvey Weinstein divonis bersalah dalam dua kasus kejahatan seksual. Selebritas Amerika Serikat pun ramai mengomentari vonis serta memberikan dukungan untuk para korban.
Foto: AP
Mantan produser film Hollywood, Harvey Weinstein divonis bersalah dalam dua kasus kejahatan seksual. Selebritas Amerika Serikat pun ramai mengomentari vonis serta memberikan dukungan untuk para korban.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selebritas Amerika Serikat mengomentari vonis bersalah Harvey Weinstein di New York City, dalam persidangan Senin (24/2). Komentar-komentar mereka itu meramaikan media sosial secara luas.

Setelah berita dugaan pelecehan dan kekerasan seksual oleh Weinstein mengguncang Hollywood dan memicu gerakan #MeToo, pendalaman informasi kemudian dilakukan hingga mampu mengungkap kasus yang dilaporkan. Weinstein pun dimejahijaukan.

Baca Juga

Setelah persidangan 18 hari yang dilakukan penuh dengan emosional, hakim menjatuhkan vonisnya setelah lima hari musyawarah, menandai kemenangan bagi gerakan #MeToo. Pada Senin (24/2), pengadilan di New York memutuskan bahwa Weinstein bersalah atas tindakan kejahatan seksual dengan melakukan pelecehan seksual pada asisten produksi Mimi Haleyi di apartemennya pada 2006 dan  pemerkosaan terhadap Jessica Mann, perempuan yang ingin jadi aktris, pada 2013.

Tetapi hakim tidak bisa menyebut tuduhan itu adalah tuduhan paling serius, yang bisa mengakibatkan hukuman seumur hidup. Weinstein hanya akan menghadapi minimal hukuman lima tahun kurungan di balik jeruji besi.

Mengingat Weinstein merupakan seorang produser film dan kejatuhannya ini berdampak besar pada Hollywood, banyak bintang dan selebritas turun ke media sosial untuk membagikan komentar tentang vonis Weinstein. Mereka memberi selamat kepada para penggugat Weinstein, khususnya mereka yang telah berani bersaksi.

Ashley Judd sebagai orang pertama yang menuduh Weinstein melakukan pelanggaran seksual dalam wawancara dengan New York Times pada 2017 dengan cepat membagi komentarnya di akun Twitter miliknya, setelah vonis dijatuhkan hakim.

“Untuk para wanita yang bersaksi dalam kasus ini, dan telah berjalan melalui neraka traumatis, Anda melakukan pelayanan publik kepada gadis-gadis dan wanita di mana pun, terima kasih. #ConvictWeinstein #Guilty,” tulis Judd.

Rosanna Arquette, yang merinci tuduhan serupa dalam artikel Ronan Farrow di The New Yorker pada 2017, juga ikut berkomentar di Twitter tak lama setelah vonis dijatuhkan. Ia menulis: “Terima kasih kepada para wanita pemberani yang telah bersaksi dan kepada hakim untuk melihat kasus secara utuh tanpa taktik kotor. Kami akan mengubah hukum di masa depan sehingga korban pemerkosaan didengar dan tidak didiskreditkan, sehingga lebih mudah bagi orang untuk melaporkan kasus perkosaan mereka.”

“Harvey Weinstein sekarang adalah pemerkosa yang dihukum. Jika ada seorang pria yang tidak pantas mendapat jaminan, itu adalah dia,” tulis aktris Padma Lakshmi.

Aktris Rosie Perez, yang menjadi saksi dalam persidangan untuk membenarkan klaim aktris Annabella Sciorra bahwa Weinstein memperkosanya, juga ikut menulis dengan huruf kapital: “HARVEY WEINSTEIN TELAH DIBELENGGU & DIMASUKKAN KE PENJARA! MUSNAHLAH KAMU DARI SISI TEMAN SAYA #ANNABELLASCI, YANG HARUS MENGUNGKAP KEBENARAN! JUGA SAYA UCAPKAN SELAMAT KEPADA DIA & SEMUA YANG DATANG DALAM PERSIDANGAN. MUNGKIN INI BELUM CUKUP TAPI INI TELAH MEMBESARKAN HATI KITA! INI MASIH BISA KITA SEBUT SEBAGAI KEMENANGAN TELAK! CONGRATS JOAN ILLUZZI!”

“Sangat bersyukur atas keberanian semua korban yang datang untuk menceritakan kebenaran mereka & atas karya luar biasa @ronanfarrow & tuntutan yang ada. Kami merasakan sakit seperti bagaimana rahasia kami & rahasia ini harus keluar. #metoo #timesup #metoosoon # Harveyweinstein #WeinsteinTrial #harveyweinsteintrial,” tulis aktris Melinda Hill.

“Mendengar pengacara #HarveyWeinstein yang menggambarkan reaksi kliennya terhadap 2 vonis bersalah atas kasus pemerkosaan, ia seperti ‘seorang pria sopan’ yang terlalu banyak bicara. @RonanFarrow,” tulis bintang Sex and the City, Kim Cattrall.

Saah seorang produser, Judd Apatowm mencatat, persidangan di New York baru permulaan dari pertempuran hukum dengan produser film itu. Ia meyakini pertempuran hukum tersebut akan berlangsung panjang.

“Jangan lupa, Harvey Weinstein menghadapi empat dakwaan lagi di Los Angeles. Ini baru permulaan untuk membuatnya bertanggung jawab atas perbuatannya,” tulis dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement