Rabu 19 Feb 2020 19:50 WIB

Empat Tip 'Langsung Segar' Saat Bangun di Pagi Hari

Sebagian orang butuh waktu lebih lama untuk 'sadar' saat bangun di pagi hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Sebagian orang butuh waktu lebih lama untuk 'sadar' saat bangun di pagi hari (Foto: ilustrasi bangun tidur)
Foto: Womanitely
Sebagian orang butuh waktu lebih lama untuk 'sadar' saat bangun di pagi hari (Foto: ilustrasi bangun tidur)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk benar-benar "sadar" setelah terbangun di pagi hari. Kondisi ini bisa terjadi karena efek dari inersia tidur.

"(Inersia tidur) adalah dorongan untuk menjaga tubuh tetap tertidur," ungkap spesialis saraf sekaligus spesialis ilmu tidur Dr Cynthia Bodkin, seperti dilansir Pop Sugar, Rabu (19/2).

Baca Juga

Bodkin mengatakan efek dari inersia tidur biasanya berlangsung sekitar 15-60 menit setelah seseorang bangun tidur. Akan tetapi, beberapa hal dapat membuat efek inersia tidur menjadi lebih buruk. Salah satu di antaranya adalah kurang tidur.

Sebagian faktor yang memengaruhi inersia tidur adalah genetik. Terlepas dari penyebabnya, orang-orang yang merasakan dampak inersia tidur biasanya akan membutuhkan bantuan agar bisa beraktivitas dengan baik di pagi hari.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh dan pikiran langsung terasa segar setelah bangun pagi.

Secangkir Kopi

Kopi diketahui dapat memperbaiki kesadaran dan kewaspadaan seseorang. Tentu konsumsi minuman berkafein harus diperhatikan secara seksama agar tidak menimbulkan dampak lain yang tak diinginkan seperti kecemasan, insomnia, serangan panis dan aritmia.

"Umumnya dosis yang diteliti adalah 30-300 miligram per hari. Satu cangkir kopi berukuran 8 oz mengandung sekitar 70-150 miligram (kafein) tergantung pembuatannya," jelas Bodkin.

Jadwal Tidur

Tidur malam di waktu yang sama setiap hari mungkin tampak kekanakan. Akan tetapi, waktu tidur malam yang sama setiap harinya dapat membantu seseorang untuk lebih mudah bangun pagi di waktu yang sama.

Tidur Cukup

Bukan hanya tidur dan bangun di waktu yang sama saja, mendapatkan durasi tidur yang mencukupi juga penting. Mendapatkan tidur yang cukup dapat menurunkan kadar stres, memperbaiki suasana hati, menjaga berat badan yang sehat dan membantu otak untuk bisa langsung bekerja dengan baik sesaat setelah bangun tidur. Sebaiknya orang dewasa mendapatkan tidur malam sekitar 7-9 jam per hari.

Buka Tirai

Satu hal yang perlu dilakukan sesaat setelah bangun tidur adalah membuka tirai jendela yang menutupi masuknya sinar matahari ke dalam rumah atau kamar. Paparan sinar matahari di pagi hari dapat meningkatkan kesadaran setelah bangun tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement