Rabu 19 Feb 2020 18:05 WIB

Tip Pilih Wangi Parfum Pria Ala Afgan

Afgan memiliki beberapa trik yang diterapkan sebelum membeli parfum.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Afgan memiliki beberapa trik yang diterapkan sebelum membeli parfum.
Foto: Republika/Farah Noersativa
Afgan memiliki beberapa trik yang diterapkan sebelum membeli parfum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Parfum tak hanya dapat meningkatkan rasa percaya diri, tetapi juga dapat menjadi media untuk menonjolkan karakter penggunanya. Oleh karena itu, pemilihan dan cara penggunaan parfum harus diperhatikan dengan baik agar manfaat yang didapatkan juga optimal.

Penyanyi Afgansyah Rezat termasuk sosok laki-laki yang cukup memerhatikan wewangian yang ia gunakan. Afgan mengaku mulai menggunakan produk wewangian ketika ia masih remaja dan duduk di bangku SMP.

Baca Juga

"Saat remaja saya baru menyadari (perlu menggunakan wewangian)," ujar Afgan dalam peluncuran parfum laki-laki Eclat Style dari Oriflame, di Jakarta, belum lama ini.

Afgan sendiri memiliki beberapa trik yang kerap ia lakukan saat memilih dan menggunakan wewangian. Salah satu di antaranya adalah memilih jenis parfum yang tepat.

Setidaknya ada tiga jenis parfum atau wewangian yang perlu diketahui sebelum seseorang membeli. Ketiga jenis tersebut adalah eau de parfum (EDP), eau de toilette (EDT) dan body mist.

Afgan mengatakan EDP merupakan wewangian yang memiliki kandungan konsentrat paling besar. Ini membuat EDP mampu memberikan aroma wangi yang bertahan paling lama dibandingkan EDT dan body mist.

"Sekitar enam jam," lanjut Afgan.

Sedangkan EDT, sambung Afgan, memiliki konsentrat yang lebih rendah dibandingkan dengan EDP. Biasanya aroma wangi dari EDT bisa bertahan sekitar 2-3 jam.

"Body mist yang paling rendah (kandungan akan konsentrat), bertahan sekitar satu jam," terang Afgan.

Selain memahami jenis, Afgan menyarankan agar parfum dihindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Kondisi ini dapat memengaruhi kualitas aroma yang dikeluarkan oleh parfum tersebut.

"Simpan dalam suhu ruangan," tutur Afgan.

Waktu menggunakan parfum juga menjadi salah satu aspek yang penting. Afgan menilai waktu terbaik untuk menggunakan parfum adalah setelah mandi, karena saat itu pori-pori di kulit masih terbuka.

Selain itu, lokasi penyemprotan parfum juga turut berpengaruh. Afgan menyarankan agar parfum disemrpotkan di titik-titik nadi, misalnya di sekitar nadi yang ada di pergelangan tangan atau di sekitar nadi yang ada di area leher.

Yang tak kalah penting adalah memilih parfum yang sesuai dengan selera diri sendiri. Tiap orang tentu memiliki selera yang beragam, sehingga tidak perlu menjadikan orang lain sebagai patokan dalam memilih parfum. Yang terpenting adalah memilih parfum yang dapat mencerminkan karakter diri.

"Saat membeli parfum, pilih yang disukai, yang mewakili karakter kita," tukas Afgan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement