Kamis 06 Feb 2020 14:50 WIB

Aktor Kirk Douglas Meninggal Dunia di Usia 103 Tahun

Kirk Douglas merupakan aktor lawas Hollywood era 50-an.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah
Aktor Kirk Douglas Meninggal Dunia di Usia 103 Tahun (Foto: Kirk Douglas)
Foto: Flickr
Aktor Kirk Douglas Meninggal Dunia di Usia 103 Tahun (Foto: Kirk Douglas)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor lawas Hollywood, Kirk Douglas diketahui meninggal pada usia 103 tahun, Kamis (6/2). Hal tersebut diungkapkan sendiri oleh anaknya, Michael Douglas.

"Dengan kesedihan yang luar biasa, saya dan saudara-saudara saya mengumumkan bahwa Kirk Douglas meninggalkan kami hari ini," Ujar dia seperti dilansir BBC, Kamis (6/2).

Baca Juga

Michael yang juga sempat menjadi pemenang Oscar untuk aktor terbaik tak bisa menutupi kesedihannya. Dia menuturkan, kata-kata yang bisa dikenang saat ini, hanyalah kata-katanya seperti saat terakhir merayakan ulang tahun sang ayah.

"Dan itu yang akan selalu benar. Ayah - aku sangat mencintaimu dan aku sangat bangga menjadi putramu," Kata dia.

Aktor legendaris yang kerap kali membintangi layar lebar itu, diketahui aktif selama enam dekade. Hingga akhirnya ia wafat pada usia 103.

Dalam kurun waktu 1950an hingga 1960an, ia disebut-sebut sebagai ikon pada masa emas Hollywood. Sebab, aktor panggung dan layar lebar itu cukup dikenal untuk berbagai perannya di masa tersebut.

Salah satunya adalah di film klasik Spartacus, garapan Stanley Kubrick pada 1960 silam. Film itu menjadi wadahnya untuk semakin dikenal publik. Terlebih film itu juga menggaet empat Oscar.

Bahkan saking populernya, scene "I am Spartacus" menjadi leksikon tersendiri di budaya pop.

Namun demikian, pria yang lahir pada 1916 itu telah meraih nominasi Oscar pertamanya dalam film yang menceritakan juara tinju pada 1949.

Kirk Douglas yang sangat produktif sebagai aktor dalam berbagai film, telah mendapatkan 90 penghargaan untuk namanya sendiri. Jumlah tersebut ia raih dari kurun waktu 1940 hingga 2000an.

Sebagai informasi, Douglas sendiri telah dinominasikan dalam Oscar sebanyak tiga kali. Untuk Champion (1949), lalu the Bad and the Beautiful (1952), dan Lust for Life (1956). Hingga akhirnya ia memenangkan penghargaan Kehormatan pada 1996, sebagai pengakuan atas 50 tahun dedikasinya di industri film.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement