Kamis 30 Jan 2020 14:04 WIB

Rasakan Dunia, Lagu yang Terinspirasi dari Tunarungu

'Rasakan Dunia' merupakan lagu terbaru dari musisi Ifan Ohsi.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Rilis single Ifan Ohsi bersama Aska Rocket Rockers berjudul ‘Rasakan Dunia’ di The Fifth 89 Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (28/1), dihadiri juga oleh band Gigi.
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Rilis single Ifan Ohsi bersama Aska Rocket Rockers berjudul ‘Rasakan Dunia’ di The Fifth 89 Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (28/1), dihadiri juga oleh band Gigi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ifan Ohsi, pencipta lagu yang juga tergabung dalam Alquran Indonesia Project, mempersembahkan single barunya berjudul ‘Rasakan Dunia’. Single ini ia dedikasikan bagi mereka para penikmat musik, namun mereka memiliki keterbatasan pendengaran atau tuli.

Ifan tidak bekerja sendiri dalam mengolah single dengan lirik yang menyentuh ini, ia bekerja sama dengan gitaris Rocket Rockers, Aska Pratama. Lirik yang dibuat Aska, terinspirasi dari kisah Ifan yang pernah mengunjungi suatu komunitas di Jambi yang anggotanya adalah teman tuli.

Baca Juga

“Setiap ketemu Aska, saya selalu cerita hal baik dan pengalaman saya menjadi teman dengar dan dunia teman tuli. Di luar ekspektasi dan pengetahuan saya, Aska menciptakan sebuah karya yang luar biasa ini,” kata Ifan dalam rilis single ‘Rasakan Dunia’ di The Fifth 89 Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Lagu ini bercerita tentang bagaimana seorang teman dengar mengenal dunia teman tuli, serta mengungkapkan rasa apresiasi dan kagum kepada teman tuli. Di lagu ini juga ada sentuhan musik berbeda agar lebih mudah diketahui teman tuli, serta juga mengajak teman dengar untuk mengetahui cara komunikasi mereka, yakni Bahasa Isyarat.

“Saya punya teman namanya Archie, dia yang memperkenalkan saya pada teman tuli. Ia mengajak saya ke The Littlehijabi Homeschooling (rumah belajar inklusif anak berkebutuhan khusus dengan Bahasa Isyarat sebagai bahasa pengantarnya). Lalu kita buat project ini dan semakin intens dengan teman tuli,” papar Ifan lagi.

Melalui lagu yang akan ia segera rilis video klipnya pada akhir Januari ini, ia berharap teman tuli juga dapat mengenal dunia teman dengar sesuai dengan harapan teman tuli yang menginginkan kesetaraan. Ifan juga ingin agar teman dengar dan teman tuli dapat terus berjalan berdampingan.

Video klip yang nantinya akan dirilis juga melibatkan beberapa teman tuli, seperti salah satunya ada pada Artwork yang dikerjakan oleh pemenang kompetisi Artwork yang diadakan Ifan, adalah Nando Saputra. Kemudian ada juga akan ditampilkan dalam video klip mereka yang berasal dari berbagai latar pekerjaan teman tuli seperti penari, visual designer, barista, dan lainnya.

Lagu ini menjadi sebuah karya yang benar-benar sangat berbeda dari karya Ifan sebelumnya, bahkan ketika ia bersama bandnya Almost DVa. Karena selain menggaungkan positive vibes, ini juga merupakan project kerja sama antara Ifan dengan Aska Rocket Rockers.

“Karena Ifan, saya jadi ingin lagu Rocket Rockers paling populer ‘Ingin Hilang Ingatan’, sudah puluhan juta yang mendengar lagu itu, menikmati lagu itu tanpa teksnya. Saya mau teman-teman tuli bisa nikmati lagu itu. Insya Allah Maret 2020 ini keluar videonya,” kata Aska.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement