Kamis 16 Jan 2020 16:02 WIB

Marcell Siapkan Kejutan di Panggung Java Jazz

Marcell menjadi musisi 'langganan' yang tampil di Java Jazz Festival 2020.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
Musisi Marcell Siahaan kembali tampil di perhelatan musik tahunan Java Jazz Festival.
Foto: Republika/Shelbi Asriyanti
Musisi Marcell Siahaan kembali tampil di perhelatan musik tahunan Java Jazz Festival.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Marcell Siahaan menyiapkan penampilannya di perhelatan musik akbar Java Jazz Festival (JFF) 2020. Pria 42 tahun kelahiran Bandung itu akan tampil pada hari pertama Java Jazz, yakni Jumat, 28 Februari 2020, di JIExpo Kemayoran Jakarta.

"Dari 2003 sudah tampil di Java Jazz. Persiapan tahun ini bakal seru karena saya akan mempresentasikan konsep yang nggak biasa dari aransemen. Ingin main yang benar-benar jazz," kata Marcell saat dijumpai usai konferensi pers JJF 2020 di Jakarta, Rabu (15/1).

Baca Juga

Tahun ini, Java Jazz Festival menginjak penyelenggaraan yang ke-16. Festival bakal berlangsung selama tiga hari, tepatnya pada 28 Februari, 29 Februari, dan 1 Maret 2020. Selain Marcell, musisi dari dalam dan luar negeri menampilkan musik beragam di 11 panggung.

Marcell menyadari tidak hanya musik bergenre jazz yang dinaungi oleh gelaran Java Jazz Festival. Kendati demikian, dia sangat menikmati musik yang seolah tumpah ruah di satu tempat tersebut. Sebagai musisi, dia selalu merasa berada di rumah tiap kali manggung di sana.

Bagi pelantun lagu "Firasat" itu, JJF menjadi cara mengedukasi mengenai berbagai genre musik. Bahkan dalam aliran musik jazz, ada banyak turunan yang dimainkan pula oleh para musisi penampil JFF, seperti bebop, swing, dan fusion.

"Menyenangkan acara seperti ini bisa ada setiap tahun. Banyak hal yang bisa dipelajari untuk membangun industri hiburan. Bukan sekadar acara rutin dengan tujuan komersial, tetapi menambah referensi, koneksi, jejaring dengan banyak pihak," tutur Marcell.

Java Jazz Festival 2020 mengonfirmasi penampilan spesial grup musik legendaris The Jacksons dan musisi Omar Apollo. Selain mereka, turut tampil Ari Lennox, Mike Stern-Jeff Lorber Fusion Trio, Bruno Major, Ezra Collective, Sister Sledge, T-SQUARE, dan New York Voices.

Anomalie, Ardhito Pramono, Bruno Major, Idang Rasjidi Sundicate, Jaz, Lalahuta, Benny Mustafa N Jongens, Dwiki Dharmawan feat. Nadin Amizah, dan Jay Som turut menjadi penampil. Bergabung pula KRLY, Maya Hasan, Michael White, Nita Aartsen Quintet, Nusantero, dan Pamungkas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement