Rabu 15 Jan 2020 05:41 WIB

Selain Untuk Diminum, Ini Sejumlah Manfaat Lain dari Kopi

Manfaat lain dari kopi tidak memiliki kaitan dengan fungsi kopi sebagai minuman.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah
Manfaat lain dari kopi tidak memiliki kaitan dengan fungsi kopi sebagai minuman (Ilustrasi Kopi sebagai penghilang bau)
Foto: Pxhere
Manfaat lain dari kopi tidak memiliki kaitan dengan fungsi kopi sebagai minuman (Ilustrasi Kopi sebagai penghilang bau)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kopi merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki sejumlah manfaat. Selain dapat diolah lewat berbagai jenis minuman kopi yang sesuai selera, ternyata kopi juga memiliki sejumlah manfaat lain. Bahkan, manfaat itu tidak berkaitan dengan fungsi kopi sebagai minuman.

Dilansir dari Boredpanda pada Selasa (13/1), disebut bahwa kopi memang merupakan biji yang menghasilkan aroma yang cukup kuat. Tak heran, setiap melewati kedai kopi, semerbak aroma kopi kerap mampir di hidung kita.

Baca Juga

Berangkat dari sinilah, kopi dinilai memiliki manfaat sebagai penghilang bau pada tangan. Artinya, saat kita merasa kurang nyaman dengan aroma pada tangan, seperti saat usai memasak, maka kita dapat menghilangkan aroma-aroma menyengat dengan kopi.

Caranya adalah dengan mengusapkan segenggam serbuk kopi ke tangan dan jari-jari selama beberapa saat. Setelah itu, basuh tangan dengan air bersih. Alhasil, tangan pun akan terbebas dari aroma tak sedap dan berganti dengan aroma kopi yang menenangkan.

Selain itu, bubuk kopi juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Mengingat, kopi memiliki kandungan yang dapat mengangkat sel kulit mati dan memilikii fungsi anti oksidan. Tak hanya itu, kopi ternyata juga memiliki kandungan yang dapat berfungsi sebagai untuk mengurangi kerutan wajah.

Melihat beragam kandungan itu, kopi pun dianggap salah satu bahan terbaik yang dapat digunakan sebagai masker wajah.

Fungsi selanjutnya, kopi juga dapat digunakan sebagai penetralisir aroma dalam lemari es. Caranya pun mudah, hanya dengan meletakan segelas sisa bubuk kopi dalam lemari es. Dengan begitu, otomatis bubuk kopi itu akan meresap aroma-aroma menyengat yang biasanya dihasilkan oleh ikan, daging dan lain-lain.

Kemudian, fungsi berikutnya adalah sebagai anti selulit. Mengingat, setiap krim anti selulit biasnya memang mengandung kafein. Artinya, kita juga dapat menggunakan bubuk kopi sebagai krim anti selulit.

Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kopi dengan minyak kelapa. Kemudian, oleskan krim kopi dan minyak kelapa itu pada area yang mengalami selulit. Pijat beberapa saat kemudian bersihkan dengan air.

Selain itu, kopi juga memiliki manfaat bagi rambut. Mengingat, kafein memiliki peran dalam membuat rambut lebih bersinar dan menekan rambut rontok. Caranya pun mudah, cukup dengan menggunakan biji kopi yang sudah diolah menjadi minuman kemudian dinginkan.

Setelah itu, gunakan air kopi itu sebagai masker rambut. Pijat beberapa saat kemudian diamkan selama sekitar 20 menit. Kemudian, basuh dengan air bersih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement