Rabu 08 Jan 2020 03:17 WIB

8 Tip Menghindari Jerawat Akibat Jorok Saat Nge-gym

Jerawat bisa muncul akibat perilaku jorok saat nge-gym.

Rep: Puti Almas/ Red: Reiny Dwinanda
Agar tak berjerawat, perhatikan kebersihan saat nge-gym..
Foto: Republika/Prayogi
Agar tak berjerawat, perhatikan kebersihan saat nge-gym..

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang pelatih olahraga di pusat kebugaran, Kayla Itsines, menyadari kejorokannya saat nge-gym telah membuatnya berjerawat . Ia pun menelusiri aktivitas yang membuat jerawat mudah tumbuh di wajahnya.

Salah satu faktor yang menyebabkan masalah di kulit wajahnya itu, menurut Itsines, adalah tak membawa dua handuk. Ia menyesal selama ini telah menggunakan handuk yang sama sebagai alas aktivitasnya saat memakai peralatan gym sekaligus untuk mengelap wajah.

Baca Juga

Belajar dari pengalamannya itu, Itsines menganjurkan agar mereka yang gemar ke gym untuk membedakan handuk alas nge-gym dan handuk wajah. Di samping itu, ia merekomendasikan agar tak menyentuh kulit wajah saat beraktivitas di gym.

“Saya sangat kesal saat di foto ini, kulit saya sangat sakit dan bagian wajah saya yang lain menjadi buruk,” ujar Itsines dilansir Womens Health, Selasa (7/1).

Itsines menjelaskan aneka peralatan kebugaran di gym dipenuhi dengan bakteri dan kuman. Ini kemudian dapat menyebar ke kulit dan menghasilkan jerawat yang menyakitkan.

Itsines pun berbagi tip untuk menghindari masalah kulit tersebut:

1. Jangan sentuh pegangan treadmill. Kalau terpaksa memegangnya, jangan lupa untuk membersihkan tangan setelahnya.

2. Kabel yang ada di gym sangat kotor. Sebaiknya, bawalah hand sanitizer sehingga Anda bisa dengan mudah membersihkan tangan setelah menyentuhnya.

3. Matras di gym penuh dengan keringat orang lain. Sebisa mungkin, bawalah milik Anda sendiri.

4. Bawalah handuk bersih.

5. Jangan memasukkan sepatu olahraga di tas yang sama dengan barang-barang lainnya, terutama handuk yang akan Anda gunakan untuk menyeka wajah dan bagian tubuh lainnya.

6 Ganti sarung bantal Anda setiap malam.

7. Jangan sentuh peralatan olahraga kemudian mengusapkan tangan ke wajah.

8. Jangan gunakan handuk yang sama untuk mengalasi bangku alat-alat olahraga untuk menyeka wajah.

Menurut Itsines, dengan mengikuti delapan aturan ini serta mengadopsi kebiasaan sehat dan mengikuti rutinitas perawatan kulit yang sederhana, maka Anda telah menghentikan risiko munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya di wajah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement