Senin 06 Jan 2020 13:35 WIB

Joker Jadi Aktor Terbaik Golden Globe Awards 2020

Aktor Joaquin Phoenix sang pemeran Joker dianugerahi aktor terbaik Golden Globe.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Totalitas aktor Joaquin Phoenix dalam memerankan karakter Joker yang kompleks dalam film 'Joker' berbuah manis. Aktor kelahiran 28 Oktober 1974 ini berhasil menyabet penghargaan 'Aktor Terbaik' dalam ajang penghargaan bergengsi Golden Globe.
Foto: Warner Bros via AP
Totalitas aktor Joaquin Phoenix dalam memerankan karakter Joker yang kompleks dalam film 'Joker' berbuah manis. Aktor kelahiran 28 Oktober 1974 ini berhasil menyabet penghargaan 'Aktor Terbaik' dalam ajang penghargaan bergengsi Golden Globe.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Totalitas aktor Joaquin Phoenix dalam memerankan karakter Joker yang kompleks dalam film 'Joker' berbuah manis. Aktor kelahiran 28 Oktober 1974 ini berhasil menyabet penghargaan 'Aktor Terbaik' dalam ajang penghargaan bergengsi Golden Globe.

'Aktor Terbaik' merupakan salah satu kategori yang paling kompetitif dalam penyelenggaraan Golden Globe ke-77 ini. Phoenix berhasil menyabet penghargaan tersebut dengan mengalahkan nomine-nomine berkualitas lain seperti Christian Bale, Antonio Banderas, Jonathan Pryce, dan Adam Driver.

Baca Juga

'Joker' merupakan film mengenai karakter supervillain dalam komik Batman yang disutradarai oleh Todd Phillips. Film ini mendapatkan sambutan hangat di berbagai dunia dan berhasil meraup keutungan lebih dari 1 miliar dollar Amerika dari penayangan di seluruh dunia. Ini membuat 'Joker' menjadi film berating dewasa pertama dalam sejarah yang mampu meraih pencapaian tersebut.

Namun perjalanan film 'Joker' tak semulus yang dibayangkan. Di tengah ramainya pembicaraan mengenai film ini, ada beragam kontroversi yang muncul karena beberapa kritikus secara vokal menyebut film ini memiliki 'dampak' yang berbahaya dan memunculkan empati terhadap orang berkulit putih yang melakukan tindakan teror domestik.

Metode pendalaman karakter yang dilakukan Phoenix juga tak luput dari kritik. Beberapa orang memberikan respon negatif atas video beredar yang menunjukkan sang aktor tampak mengumpat kepada anggota kru film karena kru tersebut berbisik di lokasi syuting. Phoenix juga dikabarkan bersitegang dengan lawan mainnya Robert De Niro saat syuting berlangsung.

Phoenix yang dikenal enggan dengan media ini tak banyak berkomentar mengenai kontroversi tersebut. Phoenix membiarkan film 'Joker' yang 'berbicara'.

"Saya tidak membayangkan ini akan berjalan lancar. Ini merupakan film yang sulit. Dalam beberapa hal, merupakan hal yang bagus ketika orang-orang memiliki reaksi yang kuat terhadap itu," jelas Phoenix kepada Vanity Fair, seperti dilansir Huffpost, Senin (6/1).

Sebelum ini, Phoenix telah dinominasikan dalam Golden Globes sebanyak lima kali sepanjang kariernya. Akan tetapi, dari lima nominasi tersebut Phoenix hanya berhasil membawa pulang satu penghargaan untuk perannya dalam 'Walk the Line'.

Aktor Heath Ledger juga memenangkan penghargaan di Golden Globe 2008 atas perannya sebagai Joker dalam 'The Dark Knight'. Ledger mendapatkan penghargaan dalam kategori aktor pendukung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement