Senin 06 Jan 2020 05:17 WIB

10 Cara Sederhana Turunkan Berat Badan

Penurunan berat badan lebih optimal bila diterapkan dengan olahraga lari.

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah
Penurunan berat badan lebih optimal bila diterapkan dengan olahraga lari (Ilustrasi Berat Badan)
Foto: Pxfuel
Penurunan berat badan lebih optimal bila diterapkan dengan olahraga lari (Ilustrasi Berat Badan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mencoba menghilangkan lemak berlebih dan mempertahankannya untuk selamanya? Bagi Anda yang biasa olahraga lari, terdapat 10 cara mudah untuk mengoptimalkan penurunan berat badan Anda.

Dilansir dari Women's Health, Ahad (5/1), 10 cara ini adalah tips cerdas dan tetap bisa membuat Anda makan enak.

Baca Juga

Satu, makan lebih banyak makanan laut. Semakin rendahnya kadar hormon kenyang leptin Anda, maka akan semakin tinggi risiko obesitas. Namun, para ilmuwan telah menemukan solusinya. Seperti termuat di Life Sciences, untuk meningkatkan produksi hormon leptin, Anda bisa mengkonsumsi lobster lantaran kaya mineral zinc.

Dua, kosongkan perut Anda. Para peneliti di University of Bath menemukan bahwa latihan dengan perut kosong memicu peningkatan ekspresi gen PDK4 (kode untuk tanda lemak tubuh Anda sedang dibakar). Cobalah olahraga lari sebelum sarapan pagi.

Tiga, Pilih camilan Anda dengan bijak. Salah satunya mengkonsumsi kacang karena mengandung resveratol yang bisa meningkatkan kemampuan sel-sel lemak Anda untuk membakar kalori saat istirahat.

Empat, tingkatkan metabolisme dengan mengkonsumsi alpukat. Lebih baik oleskan alpukat dari pada mentega ke roti panggang Anda. Alpukat akan meningkatkan tingkat metabolisme Anda dan membantu Anda membakar lebih banyak lemak.

Lima, beri dirimu istirahat. Menurut University of Tasmania, Australia, mengadopsi protokol "dua minggu diet, dua minggu libur" mencegah penurunan metabolisme Anda. Cara ini bisa merespon kelaparan bawaan selama menjalani diet ketat.

Enam, potong makanan menjadi kecil. Mengkonsumsi makanan dalam potongan kecil akan membuat konsumsi kalori Anda 20 persen lebih sedikit.

Tujuh, kunyah permen karet tanpa gula. Menurut riset dari Universitas Glasgow Caledonian, menengunyah permen karet tanpa gula selama 15 menit setelah makan akan membatasi keinginan Anda untuk ngemil hingga tiga jam setelah makan.

Delapan, gunakan susu untuk pemulihan. Setelah berlari keras, minuman pemulihan terasa luar biasa, tapi itu karena mungkin mengandung pemanis buatan. “Susu skim adalah sumber protein dan karbohidrat berkualitas yang baik dan cepat diserap,” kata ahli gizi Drew Price.

Sembilan, coba jus semangka. Tidak hanya lebih rendah gula daripada jus jeruk, semangka juga kaya akan asam amino citrulline. Studi oleh Paris Descartes University menemukan bahwa semangka mengandung senyawa untuk menghilangkan lemak perut membandel.

Sepuluh, jika Anda ingin makan kue, lakukanlah saat sarapan. Para ilmuwan di Universitas Tel Aviv, Israel, menemukan bahwa suguhan manis di pagi hari akan menekan hasrat makan kue ataupun makana manis lainnya saat siang - malam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement