Sabtu 28 Dec 2019 20:09 WIB

Joker Jadi Satu-Satunya Film Non-Disney yang Meraih US$1 Miliar di 2019

Ada 8 film yang meraup pendapatan hingga melebihi US$1 miliar.

Rep: Thomas Rizal (cek n ricek)/ Red: Thomas Rizal (cek n ricek)
Sumber: Disney
Sumber: Disney

JAKARTA -- Tahun 2019 tinggal menyisakan beberapa hari. Jika diingat-ingat, maka tahun ini bisa disebut menjadi kejayaan dari film-film garapan Disney. Setelah Marvel juga menjadi bagian dari mereka, praktis mereka bisa dikatakan sendirian merajai tangga box office dunia. 

Menurut catatan dari Boxofficemojo, ada 8 film yang meraup pendapatan hingga melebihi US$1 miliar. Dari kedelapan film itu, hanya ada satu film yang non-Disney, yakni Joker.

Film adaptasi dari karakter penjahat super milik komik DC ini memang bisa disebut fenomenal. Kendati dianggap mempromosikan kekerasan dan simbol dari anarki, musuh bebuyutan Batman itu memang berhasil mencuri perhatian setiap penonton.

Tak lain tak bukan, hal ini berkat aksi peran yang memukau dari aktor watak kelas wahid, Joaquin Phoenix yang berperan sebagai Arthur Fleck, masa lalu Joker sebelum menjadi Sang Pangeran Badut Kejahatan. Dalam mempersiapkan karakter, Phoenix sampai mempelajari buku pembunuhan politik, melatih tawa para penderita pathological laughter, hingga menurunkan berat badan sekitar 24 kilogram.

Sumber: Warner bros

Tawa Joker kian terbahak-bahak setelah Joker juga tercatat berhasil meraih 4 nominasi penghargaan Golden Globe 2020, yakni Film Kategori Drama Terbaik, Aktor Kategori Drama Terbaik (Phoenix), Sutradara Terbaik (Todd Phillips) dan Musik Latar Terbaik (Hildur Gudnadottir).

Baca Juga: Sebulan Diputar, Joker Hampir Tembus US$1 Miliar

Lantas apa saja 8 film yang mampu menembus box office hingga US$1 miliar di tahun 2019? Berikut ringkasan singkatnya.

Avengers: Endgame, US$2,79 Miliar, Anggaran US$356 Juta

Sumber: Disney

Avengers: Endgame merupakan puncak dari Marvel Cinematic Universe selama satu dekade. Film ini merupakan lanjutan dari film setahun sebelumnya, Avengers: Infinity War, yang menceritakan upaya Avengers menghentikan Thanos.

Tercatat, film Marvel dan Disney ini bahkan menahbiskan diri sebagai film terlaris sepanjang masa, dengan menyamai rekor pendapatan Avatar (2009).

Lion King, US$ 1,6 Miliar, Anggaran US$260 Juta

Sumber: Disney

Film ini merupakan pembuatan ulang (remake) dari film animasi tahun 1994 dengan judul yang sama. Film ini digarap sutradara Jon Favreau.

Meski diisi animasi dengan CGI yang terlihat sangat realistis, serta pengisi suara bertabur bintang seperti Donald Glover, Beyonce, hingga Seth Rogen, film ini mendapat respon bercampur, di mana kritikus mengkritisi kurangnya orisinalitas dan emosi wajah dari karakter.

Spider-man: Far From Home, US$1,13 Miliar, Anggaran US$160 Juta

Sumber: Disney

Spider-man dianggap sebagai "tetangga yang baik hati" dan dicintai hampir semua orang. Kali ini, Spider-man diperankan oleh Tom Holland, yang dikisahkan telah kembali setelah insiden di Avengers Infinity War.

Kisah ini menceritakan petualangan Spider-Man bersama teman-teman sekolahnya seperti diikuti MJ (Zendaya), lalu bosnya di SHIELD, Nick Furry (Samuel L Jackson) dan musuh dalam selimut, Mysterio (Jake Gyllenhaal). Film ini juga menjadi penutup fase keempat Marvel Cinematic Universe (MCU).

Captain Marvel, US$1,12 Miliar, Anggaran US$152 Juta

Sumber: Disney

Film yang diperankan si cantik Brie Larson sebagai Carol Danvers atau sang Captain Marvel itu tercatat sebagai film pertama tahun ini yang meraup US$1 miliar. Film ini juga menjadi kali pertama pahlawan super wanita Marvel diadaptasi ke layar lebar.

Frozen II, US$1,108 Miliar, Anggaran US$33 Juta

Sumber: Disney

Disney kembali merilis film animasi andalannya, Frozen II yang merupakan sekuel dari film lima tahun sebelumnya. Meski dianggap hanya "mendaur ulang" dari resep-resep di film sebelumnya, faktanya film ini mendapat respon positif dan mencatat berbagai rekor box office.

Film yang mengisahkan petualangan Elsa (Idina Menzel) dan Anna (Kristen Bell) langsung meraup US$125 juta di AS pada lima hari pertama perilisannya, disusul dengan US$742 juta di seluruh dunia selama dua pekan penayangan saja.

Toy Story 4, US$1,07 Miliar, Anggaran US$200 Juta

Sumber: Disney

Setelah berpindah tangan dari Andy ke Bonnie, mainan-mainan yang dipimpin koboi Woody (Tom Hanks) dan mainan luar angkasa Buzz Lightyear (Tim Allen) ini berlanjut 9 tahun berikutnya. Meski mendapat akhir yang sebenarnya kurang adil bagi Woody, film ini ternyata tetap laris disaksikan oleh penonton khususnya yang mengikuti franchise ini sejak 1995.

Tercatat, Toy Story 4 berhasil meraih 238 juta dolar selama sepekan saja. Secara total, hingga turun layar film ini mendapatkan keuntungan lebih dari 1 miliar, sekaligus menjadikannya film Pixar kedua setelah Finding Dory (2016) yang menembus angka fantastis itu. Finding Dory sendiri mendapat US$1.03 miliar.

Joker, US$1,06 Miliar, Anggaran US$55 Juta

Sumber: Disney

Dominasi Disney dan Marvel akhirnya berhasil ditembus oleh film garapan Warner Bros dan adaptasi komik DC. Menceritakan evolusi penderita gangguan mental, Arthur Fleck ke penjahat paling terkenal seantero jagat DC, Joker, film ini memecahkan beberapa rekor.

Joker tercatat menjadi film adaptasi dari komik DC keempat yang sukses menembus angka box office sebesar US$1 miliar, melebihi The Dark Knight (2008) sebesar US$1,016 miliar dan masih di bawah The Dark Knight Rises (2012) dengan pendapatan sebesar US$1,084 miliar dan Aquaman (2018) sebesar US$1,148 miliar.

Film yang disutradarai Todd Phillips ini juga mencatatkan diri sebagai film dengan kategori R (restricted atau terbatas) terlaris, mengalahkan rekor Deadpool (2016) yang membukukan pendapatan US$782,6 juta. Uniknya, pendapatan lebih dari US$1 miliar atau sekitar Rp14 triliun itu tak ada sepeserpun dari China, yang melarang peredaran film itu.

Aladdin, US$1,05 Miliar, Anggaran US$183 Juta

Sumber: Disney

Satu lagi film yang mencatatkan pendapatan lebih dari US$1 miliar adalah Aladdin, atau lagi-lagi film Disney. Sama seperti Lion King, film ini juga merupakan pembuatan ulang dari film animasi yang sama di tahun 1992.

Film yang disutradarai Guy Ritchie ini diperankan oleh Mena Massoud sebagai Aladdin, Naomi Scott sebagai Putri Jasmine, serta aktor kawakan Will Smith sebagai Genie alias si Jin dari lampu ajaib.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement