Ahad 22 Dec 2019 11:25 WIB

Jim Davis Lelang Komik Strip Garfield

Kartunis Jim Davis melelang komik strip Garfield yang dibuatnya di atas kertas.

Rep: MGROL 125/ Red: Reiny Dwinanda
Ribuan lembar komik strip Garfield karya Jim Davis akan dilelang.
Foto: AP
Ribuan lembar komik strip Garfield karya Jim Davis akan dilelang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kartunis kenamaan, Jim Davis, menawarkan lebih dari 11 ribu komik strip Garfield hasil goresan tangannya di atas kertas. Setidaknya, akan ada beberapa komik strip yang menampilkan kucing oranye yang selalu lapar dengan selera humor sinis ini untuk setiap pekannya selama masa lelang.

"Terdapat begitu banyak strip komik dan itu adalah tugas yang menakutkan,” kata Davis.

Baca Juga

Garfield pernah muncul di surat kabar seluruh dunia dan telah menghasilkan acara TV, film, dan buku. Menurut Davis. ia memikirkan apa yang harus dilakukan dengan komik strip tersebut sehingga bisa tersebar di luar sana dan orang-orang juga bisa menikmatinya.

Dilansir AP, pelelangan yang diadakan di Heritage Auctions, Dallas, mulai menawarkan komik strip pada bulan Agustus. Rumah lelang tersebut akan menjual dua strip harian setiap pekan, bersama dengan strip Ahad yang lebih panjang. Strip Ahad tersebut akan ditawarkan selama lelang skala besar sepanjang tahun.

Strip yang dilelang berasal dari koleksi mulai dari masa peluncuran Garfield pada 1978 hingga 2011, ketika Davis mulai menggambar strip secara digital. Menurut Davis, ia masih menggambar dengan tangan, tetapi sekarang dengan stylus di tablet, bukan di atas kertas dengan pensil, pena, dan kuas.

Sementara itu, seorang kolektor seni komik, Nagib Baltagi, sejauh ini telah membeli sekitar 20 strip. Ia berencana untuk menawarnya lebih banyak. Kolektor berusia 36 tahun itu mengatakan, pelelangan Garfield sangat menggembirakan karena sewaktu kecil ia suka menonton kartun dan membaca buku-bukunya.

Baltagi, yang menetap di Miami, mengatakan bahwa ia tertarik pada strip yang menampilkan beberapa karakter dan memiliki alur cerita yang menyentuh tersebut. Selain itu, ia juga tertarik dengan strip yang memiliki tanggal yang bermakna.

"Saya cenderung mencari orang-orang yang dapat mengingatkan saya mengapa saya berada dalam hidup saya," katanya.

Brian Wiedman, seorang siswa kelas komik di Heritage, mengatakan strip harian saat ini rata-rata dijual sekitar 500 hingga 700 dolar AS. Strip hari Ahad yang lebih panjang dijual dengan harga 1.500 hingga 3.000 dolar AS. Menurutnya, harga tersebut sering ditentukan oleh siapa yang melakukan apa, kapan, dan di mana.

"Jadi Garfield yang sedang makan lasagna, merupakan merek dagang untuknya, dan dianggap menjadi salah satu yang lebih mahal," kata Wiedman.

Selain itu, Davis mengatakan, selama bertahun-tahun ia sering memberikan beberapa strip kepada keluarga, teman, dan staf, sementara yang lain dipajang di museum, termasuk Smithsonian Institution. Ia bahkan mencoba menjualnya di situs web-nya selama beberapa tahun. Namun, ia juga menyimpan sebagian besar strip tersebut di dalam lemari besi tahan api yang dikendalikan iklim.

Pelelangan, menurut Davis, adalah hal yang logis dilakukan, mengingat banyaknya strip komik. Selain itu, kegiatan tersebut dapat memberikan kesempatan tidak hanya bagi kolektor, tetapi bagi para penggemar untuk memiliki akses memiliki strip tanpa ia harus mengirimnya satu per satu.

Sementara itu, Davis, yang saat ini berusia 74 tahun, mengatakan bahwa ia tidak memiliki rencana untuk pensiun dari kegiatan menggambar komik yang menampilkan Garfield yang dikenal karena tidak suka dengan hari Senin dan diet tersebut.

"Itu menyenangkan dan hanya menyenangkan," kata Davis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement