Sabtu 21 Dec 2019 22:51 WIB

Andien: Pentingnya Ruang Terbuka Hijau untuk Warga Ibu Kota

Warga Ibu Kota butuh ruang terbuka hijau untuk kembali menjadi dirinya.

Penyanyi Andien.
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Penyanyi Andien.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Andien menyambut baik kehadiran Utan Kemayoran untuk menambah jumlah ruang terbuka hijau di Jakarta.  Baginya keberadaan hutan kota baik untuk menjaga kewarasan warga ibu kota.

"Saya berterima kasih akhirnya kita punya lahan untuk waras bersama keluarga, bisa mutar-mutar di hutan kota, jalan-jalan bersama, kita bisa foto-foto enggak hanya di mall," kata Andien saat hadir dalam pembukaan Utan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12).

Menurut pelantun "Sahabat Setia" itu, kehadiran Utan Kemayoran menunjukkan semakin banyak pihak yang sudah peduli dengan keberadaan ruang terbuka hijau di Jakarta, baik pemerintah, swasta maupun pihak lainnya.

"Aku senang banget semua pihak sudah mulai membuka mata tentang pentingnya lahan hijau di Jakarta," kata Andien.

Andien mengatakan, bagi warga ibu kota yang hidup dengan kesibukan, polusi dan berpacu dengan waktu membutuhkan semua ruang terbuka hijau untuk kembali menjadi dirinya.

Ia mencontohkan beberapa kota sibuk di dunia seperti New York dengan Central Park-nya atau Royal Park di London dan Sydney Park di Australia. Di kota-kota itu, masyarakat merasakan pentingnya keberadaan ruang terbuka hijau.

Andien pernah mengajak berbincang orang-orang yang ada di New York dan menanyakan tanggapan warga sekitar mengenai apa yang mereka lakukan apabila Central Park tidak ada.

"Mereka kesusahan jika tidak ada Central Park, bagi mereka Central Park satu-satunya hal yang bisa 'keep our sanity' (jaga kewarasan), jawab mereka," kata Andien.

Andien tampil membawakan lima lagu andalannya seperti "Teman Setia", "Teristimewa", "Indahnya Dunia", "Milikmu Selalu" dan satu lagu spesial yang dibawakannya khusus di acara pembukaan Utan Kemayoran, yakni "Keroncong Kemayoran".

"Sebelum berangkat sudah ditentukan song list-nya, tapi kayaknya seru juga bawakan lagu ini di Utan Kemayoran. Jadi ini tidak pakai latihan dulu," kata Andien membawakan lagu keempatnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement