Jumat 20 Dec 2019 08:43 WIB

Cara Mengatasi Varises Selama Kehamilan

Varies dapat menjadi semakin parah selama masa kehamilan.

Rep: Febryan A/ Red: Reiny Dwinanda
Varises
Foto: IST
Varises

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Varises pada ibu hamil biasanya semakin parah pada setiap kehamilan selanjutnya. Meski masalah pembuluh darah ini adalah penyakit keturunan, tapi terdapat sejumlah cara untuk mengatasinya.

Dilansir dari laman Times Now News, varises pada ibu hamil akan memberikan rasa nyeri, kelelahan, gelisah, keram, dan gatal-gatal pada kaki. Ada juga peningkatan risiko pembekuan akut dari varises, suatu kondisi yang disebut tromboflebitis akut.

Baca Juga

Kondisi peradangan ini menambah ketidaknyamanan dan selalu ada kekhawatiran bahwa perpanjangan gumpalan ke dalam vena kaki dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius. Risikonya bahkan bisa mengancam jiwa.

Apa yang menyebabkan varises menjadi semakin parah pada masa kehamilan? Dr Ashish Dhadas, seorang ahli bedah umum dan dan ahli varises di Rumah Sakit Samata, Dombivli, Mumbai, India, mengatakan terdapat sejumlah faktor penyebab.

Pertama, sirkulasi hormon-hormon kehamilan. Peredaran hormon memberikan pengaruh langsung pada pembuluh darah dan katupnya sehingga menyebabkan keduanya menjadi lebih mudah mengembang dan menjadi kurang kuat.

Kedua, tekanan dari rahim. Rahim yang membesar di panggul mengarahkan tekanan langsung pada vena besar di perut dan panggul sehingga menyulitkan bagi darah untuk megaliri dari ekstremitas bawah.

Ketiga, peningkatan volume darah pada ibu hamil. Dalam proses sirkulasi, darah mereka lebih banyak terkonsentrasi di bagian kaki sehingga vena pun membengkak.

Ashish menyarankan agar ibu yang punya masalah varises untuk melakukan sejumlah perawatan sebelum berencana hamil. Dengan prosedur invasif minimal yang tersedia saat ini dan dokter ahli vena berkualitas, masalah varises bisa diatasi.

Ashish mengatakan, solusi lama yang menyelesaikan semua kehamilan diikuti mengatasi masalah varises tidak lagi cocok untuk masa kini.

"Mengapa harus menderita varises melalui satu atau lebih kehamilan jika seluruh masalah itu dapat dihindari? Prosedur ablasi invasif minimal memiliki risiko yang kecil dan dapat dilakukan dengan mudah serta masa menawarkan pengembalian cepat ke aktivitas normal. Kehamilan masa depan menjadi jauh lebih nyaman dan risiko pembekuan varises akut jauh berkurang,” tambah Dr Ashish.

Cara mengobati varises secara alami adalah melakukan 'terapi konservatif', yakni memakai stocking kompresi sepanjang hari, kecuali saat tidur. Ashish mengatakan, stocking kompresi yang digunakan sebaiknya yang didapatkan langsung dari dokter setelah mengukur tingkat varises yang dialami oleh ibu hamil. Stocking harus dipasang di pagi hari, sesegera mungkin setelah bangun tidur dan hanya dilepas saat tidur di malam hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement