Kamis 19 Dec 2019 23:37 WIB

Cara Mudah Kurangi Nyeri Punggung dan Leher

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah nyeri punggung.

Rep: Puti Almas/ Red: Nora Azizah
Nyeri punggung dan leher menjadi sejumlah masalah yang umum diderita oleh banyak orang (Ilustrasi)
Foto: getholistichealth.com
Nyeri punggung dan leher menjadi sejumlah masalah yang umum diderita oleh banyak orang (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nyeri punggung dan leher menjadi sejumlah masalah yang umum diderita oleh banyak orang. Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Seperti dilansir dari laman Martha Stewart, Kamis (19/12), David Casper, dokter di Klinik Cleveland yang juga merupakan anggota Spine Surgery mengatakan nyeri leher dan punggung menjadi keluhan umum dari banyak pasien yang ia tangani. Biasanya, hal itu terjadi disebabkan oleh mekanisme tubuh sederhana, yang juga merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.

Baca Juga

Sebagai contoh, Anda sering memutar, membungkuk, atau mengangkat suatu benda yang akhirnya melukai otot paraspinal atau membuatnya meradang. Biasanya, rasa sakit bisa hilang sendiri dengan beristirahat dan seiring berjalannya waktu.

Namun, ada beberapa hal yang menurut Casper bisa dilakukan untuk mengurangi potensi masalah tersebut :

Olahraga

Hal pertama yang dapat dilakukan orang untuk mencegah sakit leher dan punggung adalah menjadi aktif. Fokus pada latihan penguatan inti yang dapat menghilangkan rasa sakit dari punggung bagian bawah.

“Yoga, Pilates, dan terapi air baik untuk membangun otot-otot di sekitarnya yang membantu menopang tulang belakang dan membawa diri Anda,” ujar Casper.

Casper mengatakan segala bentuk olahraga, seperti kardio atau angkat beban baik dilakukan selama berada dalam tingkat kenyamanan Anda. Namun, ia mengingatkan agar sebelum mencoba bentuk latihan baru, cobalah berkonsultasi dengan pelatih bersertifikat yang bisa memastikan Anda telah melakukan gerakan yang tepat untuk mencegah cedera.

 

photo
Sakit punggung/ilustrasi

Diet

Makan sehat adalah satu langkah yang diperlukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Kelebihan berat badan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang telah diketahui, termasuk sakit punggung.

Postur yang baik

Selalu perhatikan cara Anda duduk atau berdiri. Cobalah berada dalam posisi tegak untuk mencegah sakit punggung.

"Sangat mudah bagi orang-orang, terutama jika mereka bekerja di meja dan mereka duduk di sana selama lima jam sekaligus dan terus membungkuk, serta berada dalam posisi postur tubuh yang tidak baik,” jelas Casper. 

Karena itu, Casper menyarankan agar orang-orang yang harus bekerja dengan duduk di depan layar kompuetr dalam waktu lama untuk sesekali bangun, setidaknya satu jam sekali dan berjalan-jalan.

Peregangan

Casper menyarankan agar setiap pagi Anda melakukan peregangan badan selama 10 hingga 15 menit. Selain itu, lakukan olahraga seperti yoga dan pilates untuk peregangan seluruh tubuh yang lebih maksimal.

Obat

Untuk periode yang singkat, tidak apa-apa untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri ringan dengan obat antiinflamasi nonsteroid atau pelemas otot topikal. Namun, Casper mengatakan bahwa jenis obat ini bukanlah pilihan pengobatan untuk jangka panjang.

Dokter

Berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan gejala spesifik dan pilihan perawatan yang tepat mungkin diperlukan jika Anda mengalami nyeri leher dan punggung dalam waktu lama. Bahkan, dalam beberapa kasus, rasa sakit bisa menyebar hingga ke lengan.

"Biasanya, nyeri leher dan punggung hilang dalam satu atau dua minggu tetapi jika pasien mulai mengalami rasa sakit yang menjalar ke lengan, atau rasa sakit yang membuat terbangun di malam hari, atau masalah dengan keseimbangan atau hal-hal seperti itu, ini adalah tanda Anda perlu ke dokter,” jelas Casper.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement