Senin 16 Dec 2019 06:13 WIB

Empat Pelajaran Hidup dari Pertunjukan Sirkus

Pertunjukan sirkus dapat mengajarkan pelajaran hidup yang berharga.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Atraksi sirkus
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Atraksi sirkus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertunjukan sirkus sering kali menampilkan beragam atraksi yang menegangkan sekaligus memukau. Di balik penampilan yang apik di atas panggung, ada banyak pelajaran berharga yang bisa dipetik dari sebuah pertunjukan sirkus.

Head of Operation The Great 50 Show Chief Luiginni mengatakan, salah satu pelajaran terpenting yang bisa dipetik oleh penonton adalah pentingnya kerja keras. Pertunjukan memukau dari atraksi sirkus di atas panggung merupakan buah dari kerja keras para pemain sirkus dalam waktu yang panjang.

Baca Juga

"Kalau kamu tidak latihan, tidak akan sukses seperti ini," ujar Chief saat ditemui sebelum penyelenggaraan The Great 50 Show di Golf Island Pantai Indah Kapuk, Ahad (15/12).

Pertunjukan sirkus juga menunjukkan pentingnya memupuk kerja sama yang baik dalam sebuah tim. Kepercayaan kepada rekan kerja juga menjadi salah satu kunci penting dalam terciptanya sebuah kerjasama yang baik dalam tim.

"Melatih kerjasama satu sama lain, percaya sama rekan," kata Chief.

photo
Pemeran karakter badut berlatih juggling menjelang Atraksi sirkus Oriental Circus Indonesia di Jakarta.

Senada dengan Chief, Business Development PT Ananta Harsa Group Stephanie Tratama menilai, kerja keras menjadi salah satu pelajaran penting yang bisa didapatkan dari pertunjukan sirkus. Hal ini penting untuk dipahami oleh orang-orang yang hidup di zaman serba instan seperti saat ini.

"Kita bisa ajarkan anak-anak kalau kerja keras itu dari generasi ke generasi pasti dipakai," jelas Stephanie.

Selain kerja keras dan kerja sama, Stephanie menilai pertunjukan sirkus juga menyoroti pentingnya kedisiplinan dalam melakukan sesuatu. Untuk bisa menghadirkan pertunjukan yang baik, kedisiplinan menjadi salah satu kunci penting.

Pertunjukan sirkus yang penuh dengan suka cita dan keceriaan juga dapat mengingatkan penonton akan pentingnya sebuah mimpi. Oriental Circus Indonesia sebagai kelompok sirkus tertua di Indonesia misalnya, lanjut Stephanie, merupakan buah dari mimpi besar yang dimiliki Hadi Manansang.

"Dalam hidup, kita harus tetap kerja keras, disiplin, bermimpi dan bekerjasama dengan orang lain," tutur Stephanie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement