Sabtu 07 Dec 2019 06:32 WIB

Tips Hilangkan Bau Badan Dengan Buah Lemon

Buah lemon mampu menurunkan tingkat pH atau asam di dalam tubuh.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Buah lemon bisa bermanfaat untuk hilangkan bau badan.
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Buah lemon bisa bermanfaat untuk hilangkan bau badan.

CEKNRICEK.COM -- Berkeringat menyebabkan aroma tubuh jadi tidak sedap. Begitupun terkena terik matahari langsung saat berada di luar ruangan. Ketika badan mulai basah, bakteri akan tumbuh dan memecah asam di dalam keringat yang membuat tubuh jadi mengeluarkan aroma tak sedap.

Tak sedikit orang yang menggunakan deodoran atau bedak untuk mengatasinya. Justru pemakaian produk tersebut bisa menyebabkan tertutupnya pori-pori yang mengakibatkan masalah bau badan semakin parah.

Buah lemon merupakan salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Selain bermanfaat sebagai minuman penurun berat badan, lemon mampu menurunkan tingkat pH atau asam di dalam tubuh.

Sifat antibakteri di dalam buah berwarna kuning ini mampu menekan pertumbuhan mikrobakteri penyebab bau badan saat berkeringat. Kandungan citrus dalam lemon mampu menghilangkan aroma tidak sedap dan meninggalkan wangi alami yang menyegarkan.

Anda dapat meracik buah lemon dengan beberapa langkah berikut ini. Apa saja? Simak rangkumannya. 

Perasan buah lemon

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan, potong buah lemon menjadi dua bagian. Peras buah tersebut seperti ingin membuat jus.

Rendam kapas dalam perasan buah lemon dan tempelkan serta gosokan secara perlahan pada ketiak. Diamkan hingga kering. Cara ini dapat Anda lakukan setiap pagi sebelum beraktivitas.

Perasan buah lemon dan cuka apel

Potong buah lemon menjadi dua bagian dan peras dalam satu wadah. Tuangkan dua sendok makan cuka apel ke dalam wadah tersebut.

Ambil kapas dan rendam, kemudian tempelkan pada ketiak. Anda dapat melakukannya setiap pagi dan malam hari sebelum tidur. 

Baca Juga: Mencium Aroma Lemon Bisa Membuat Tubuh Terasa Lebih Langsing

Perasan buah lemon dan garam

Kemudian Anda bisa manfaatkan garam yang ada di dapur. Garam memiliki sifat mengikat air termasuk keringat.

Anda dapat mencampurkan 2 jumput garam dapur dengan perasan buah lemon dalam satu wadah. Gosokan racikan tersebut pada ketiak dan diamkan selama 10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

Perasan buah lemon dan baking soda

Tak hanya digunakan untuk membuat kue saja, baking soda bisa menjadi tambahan perasan buah lemon untuk menghilangkan bau tak sedap. Caranya tuangkan 2 sendok makan baking soda ke dalam perasan buah lemon aduk hingga mengental. Kemudian oleskan pada ketiak hingga mengering. Bilas dengan air bersih. 

Anda dapat melakukan dan mencoba racikan di atas setiap hari. Bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya lakukan 2 kali saja dalam 1 minggu untuk mencegah iritasi kulit. 

BACA JUGA: Cek FILM & MUSIK, Update Berita Film dan Musik Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini

Editor: ThomasRizal

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement