Rabu 04 Dec 2019 16:57 WIB

The Irishman Dinobatkan Sebagai Film Terbaik

The Irishman jadi film terbaik pilihan National Board of Review AS.

Rep: Febryan A/ Red: Reiny Dwinanda
Adegan film The Irishman, film terbaik pilihan National Board of Review AS.
Foto: Tangkapan tayar Netflix
Adegan film The Irishman, film terbaik pilihan National Board of Review AS.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- National Board of Review AS menobatkan film besutan sutradara Martin Scorsese, The Irishman, sebagai film terbaik pada Selasa (3/12). Film drama kriminal itu menjadi sinema produksi Netflix kedua yang memenangkan penghargaan di Hollywood.

Sebelumnya, Senin (2/12), film yang disutradarai Noah Baumbach, Marriage Story, dinobatkan sebagai Best Feature oleh IFP Gotham Awards. Banyak pihak kini mengharapkan kedua film itu akan meraih sejumlah nominasi Oscars dan tentu memenangkan kategori film terbaik.

Baca Juga

National Board of Review adalah organisasi yang terdiri dari akademisi dan penggiat film profesional. Mereka juga menobatkan The Irishman yang naskahnya ditulis Steven Zaillian sebagai film adaptasi skenario terbaik. Selain itu, penghargaan ikon juga diberikan kepada Scorsese serta dua orang pemain The Irishman, Robert De Niro dan Al Pacino.

photo
Salah satu adegan The Irishman.

Sejumlah kategori lain dimenangkan oleh film yang mendapatkan antusiasme tinggi dari publik tahun ini. Untuk sutradara terbaik dimenangkan Quentin Tarantino dengan karyanya Once Upon a Time in Hollywood.

Sedangkan aktris terbaik jatuh kepada Renee Zellweger karena berperan sebagai Judy Garland dalam film Judy. Adapun kategori aktor terbaik diberikan kepada Adam Sandler yang bermain dalam film Uncut Gems.

Kategori aktor pendukung utama diberikan kepada Brad Pitt yang bermain dalam film Once Upon a Time in Hollywood. Ia pun digadang-gadang menjadi kandidat kuat pemenang Oscar dari kategori yang sama.

Sedangkan kategori aktris pendukung utama terbaik dan breakthrough performance diberikan kepada Kathy Bates dan Paul Walter Hauser. Keduanya bermain di film berjudul Richard Jewell.

Selanjutnya, kategori Best Ensemble diberikan kepada film cerita detektif berjudul Knives Out. Film skenario terbaik adalah Uncut Gems. Film dokumenter terbaik jatuh kepada Maiden, sedangkan film Parasite mendapatkan penghargaan sebagai film berbahasa asing terbaik.

Film animasi terbaik diberikan kepada How to Train Your Dragon: The Hidden World. Sutradara debutan terbaik untuk Melina Matsoukas dengan karya Queen & Slim.

Kategori outstanding achievement in cinematography diberikan kepada Roger Deakins yang membuat film 1917. Serta kategori kebebasan berekspresi kepada film Just Mercy dan film dokumenter tentang Suriah berjudul For Sama.

Semua pemenang penghargaan itu akan diberikan piala saat seremoni di New York pada 8 Januari 2019 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement