Rabu 27 Nov 2019 16:55 WIB

Kulit Wajah Tetap Sehat Kala Cuaca tak Menentu

Cuaca yang tak menentu dapat memengaruhi kesehatan kulit wajah.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Cuci muka. Mencuci wajah menjadi salah satu cara menjaga kesehatan kulit wajah, terlebih ketika cuaca tak menentu.
Foto: health.howstuffworks.com
Cuci muka. Mencuci wajah menjadi salah satu cara menjaga kesehatan kulit wajah, terlebih ketika cuaca tak menentu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cuaca yang tidak menentu dan mudah berubah, dari yang tadinya panas kemudian hujan, atau sebaliknya ternyata bisa memengaruhi kondisi kulit seseorang. Untuk itu, agar kulit tetap sehat setiap orang perlu merawat kulit dengan baik.

Dokter dermatologi di Dermaster Indonesia, dr Yeni Mulyani, memberikan beberapa tip untuk merawat kulit agar tetap sehat kala cuaca tak menentu. Hal paling mendasar ialah mencuci muka sebanyak dua kali sehari.

Baca Juga

“Untuk sabun cuci mukanya yang biasa dipakai saja, tentunya yang cocok dengan kondisi muka juga. Dua kali cuci muka itu sudah ideal,” kata Yeni saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (26/11).

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan dalam merawat kulit ialah menggunakan pelembab. Ketika cuaca panas, hujan, maupun saat peralihan, pelembab wajib digunakan agar kulit tetap terhidrasi. Karena jika kulit tidak terhidrasi dengan baik bisa memicu berbagai masalah kulit seperti kusam bahkan jerawat.

“Pelembab itu penting dipakai rutin dalam cuaca apapun. Pastikan kulit terhidrasi,” kata Yeni.

Selain merawat kulit dari luar, penting juga merawat kulit dari dalam. Caranya sederhana dan murahm yaitu dengan mengonsumsi air putih dengan cukup. Yeni mengungkapkan bahwa air putih memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah, seperti menjaga kelembapan kulit, membantu menghambat penuaan dini, dan mengurangi jerawat.

“Air putih itu bermanfaat sekali untuk kesehatan kulit wajah. Jadi pastikan asupan air putih setiap harinya cukup,” jelas Yeni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement