Selasa 26 Nov 2019 00:24 WIB

Merawat Sneakers Agar Tahan Lama dan Bebas Berbau

Merawat sneakers diawali dengan mencucinya hingga menyimpannya secara benar.

Rep: Febryan A/ Red: Indira Rezkisari
Sepatu sneakers.
Foto: EPA
Sepatu sneakers.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sneakers atau sepatu kets kesayangan harus dirawat dengan tepat untuk memastikannya tahan lama dan tak berbau. Dilansir dari laman Channel News Asia, Senin (25/11), terdapat lima cara yang bisa dilakukan untuk merawat sneakers.

Pertama, bersihkan menggunakan mesin cuci. Sebagian besar sneakers bisa dibersihkan menggunakan mesin cuci, seperti yang berbahan kanvas. Namun, jangan gunakan mesin cuci jika sneakers terbuat dari kulit dan suede (kulit berbulu).

Baca Juga

Cara melakukannya terbilang mudah, namun terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Lepaskan tali sepatu sebelum mencuci sehingga tumpukan kotoran di lubang tali bisa dibersihkan. Lalu, jangan gunakan terlalu banyak deterjen karena akan membuat sepatu pudar. Dan, keringkan sepatu dengan cara membaliknya serta gunakan handuk untuk mengeringkan bagian dalam sepatu.

Kedua, pembersihan manual. Ketika terdapat noda membandel dan kotoran di titik-titik sempit, maka pencucian manual adalah pilihan terbaik.

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sabun cuci piring yang bagus atau sabun pembersih serba guna yang tak mengandung pemutih. Gunakan salah satunya dengan sikat gigi tua berbulu halus untuk menggosok bagian karet yang terdapat noda membandel.

Jika noda masih tak bisa dibersihkan, makan gunakanlah pembersih ajaib khusus. Gunakan cairan pembersih khusus dengan kain lembut lalu gosokkan ke bagian karet di mana noda masih tersisa. Namun, ingat, jangan gunakan untuk membersihkan bagian kulit atau kanvas.

Ketiga, cara mengatasi bau sepatu. Dengan mencuci sepatu yang telah kotor sebenarnya sudah membantu untuk menghilangkan bau. Namun, jika bau masih tersisa, maka bisa menambahkan cairan penghilang bau seperti cuka putih saat proses pencucian di mesin cuci.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah menggunakan deterjen khusus sepatu olahraga. Diterjen itu dibuat khusus untuk sepatu olahraga yang memang gampang bau karena keringat. Selain itu, semprotan penghilang bau juga bisa digunakan.

Meski demikian, terdapat cara mencegah agar sepatu tak berbau. Yakni memastikan kaki dalam kondisi bersih sebelum menggunakan sepatu dan usahakan tidak menggunakan sepatu yang sama setiap harinya.

Keempat, gunakan lapisan pelindung sepatu. Untuk memastikan sneakers Anda tidak cepat kotor, maka Anda bisa menggunakan lapisan pelindung sepatu yang tersedia. Cara terbaik menggunakannya adalah mengikuti petunjuk yang sudah disediakan di setiap kemasan.

Kelima, simpan sneakers dengan posisi aman. Cara lainnya untuk memastikan sepatu kets Anda tahan lama adalah menyimpannnya dengan cara yang tepat.

Jangan menumpuknya dengan sepatu lain. Sebaiknya simpan di kotak bawaannya atau simpan di sebuah kotak transparan. Cara lain adalah menggantungnya di rak sepatu yang berbentuk seperti ranting pohon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement