Jumat 22 Nov 2019 10:04 WIB

Diet Tinggi Protein Berpotensi Ganggu Kesehatan Ginjal

Diet tinggi protein sering direkomendasikan ke pasien diabetes.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
Diet tinggi protein seperti daging, ikan, dan telur bisa membahayakan ginjal.
Foto: wikipedia
Diet tinggi protein seperti daging, ikan, dan telur bisa membahayakan ginjal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet tinggi protein diyakini sehat karena dianggap membuat Anda tetap bugar, membantu Anda menurunkan lemak dan mempertahankan massa otot tanpa lemak. Menghindari karbohidrat dan menggantinya dengan protein telah menjadi dogma terkemuka bagi semua orang yang merawat penampilan dan kesehatan mereka.

Ketua Kelompok Kerja Nutrisi Ginjal Eropa Prof Fouque sekarang menganggap perlu untuk mempertanyakan kepercayaan ini dan memberikan label peringatan yang keras pada kebiasaan makan modern tinggi protein.

Baca Juga

"Kita mungkin menghemat kalori. Tetapi kita juga bisa mengambil risiko kesehatan ginjal kita," katanya.

Fouque menyebut iming-iming untuk menghemat kalori dan menurunkan berat badan adalah mengapa diet tinggi protein sangat sering direkomendasikan kepada orang yang menderita diabetes atau yang mengalami obesitas. Tetapi inti masalahnya bahwa kelompok-kelompok orang ini sangat rentan terhadap efek merusak ginjal dari asupan protein tinggi.

"Diet protein tinggi menginduksi hiperfiltrasi glomerulus, yang, menurut pengetahuan kami saat ini, dapat meningkatkan penyakit ginjal kronis tingkat rendah yang sudah ada sebelumnya," ujarnya.

Fouque mengatakan untuk merekomendasikan diet protein tinggi kepada pasien diabetes yang kelebihan berat badan mungkin memang mengakibatkan penurunan berat badan. Tapi hal itu juga berarti hilangnya fungsi ginjal yang parah.

Faktanya 30 persen dari pasien dengan diabetes menderita penyakit ginjal kronis. Para ahli menganggap kondisi ini sudah parah.

"Dengan menasihati orang-orang terutama mereka yang berisiko tinggi untuk penyakit ginjal kronis, yaitu pasien dengan diabetes, orang gemuk, orang-orang dengan ginjal soliter dan mungkin bahkan orang tua untuk makan makanan kaya protein, kami membunyikan bel kematian untuk kesehatan ginjal mereka dan membawa mereka selangkah lebih dekat untuk membutuhkan terapi penggantian ginjal," jelas Fouque.

Penjelasan Fouque merupakan bagian dari publikasi ilmiah NDT. Penelitian itu menunjukkan hubungan linier ketat antara asupan protein harian dan penurunan fungsi ginjal. Semakin tinggi asupan, semakin cepat penurunannya.

Hasil studi epidemiologis yang dilakukan di Korea Selatan menunjukkan arah yang sama. Mereka dengan asupan protein tertinggi memiliki risiko 1,3 kali lebih tinggi untuk kehilangan GFR lebih cepat. Temuan itu sendiri bukanlah hal baru.

Banyak penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa diet protein tinggi dapat merusak fungsi ginjal. Inilah sebabnya pasien dengan penyakit ginjal kronis tahap awal yang dikenal direkomendasikan diet rendah protein oleh ahli nefrologi mereka.

Selama tidak jelas apakah ada bedanya jika protein tersebut berbasis hewani atau nabati, rekomendasinya adalah abstain secara umum dari asupan protein tinggi.

Namun, seperti yang ditunjukkan Fouque, masalahnya adalah orang-orang yang memiliki penyakit ginjal kronis atau ringan tidak menyadari hingga mengikuti tren makan makanan kaya protein karena mereka yakin itu sehat. "Orang-orang ini tidak tahu bahwa mereka mengambil jalur cepat untuk gagal ginjal yang tidak dapat diperbaiki," tegas Fouque, dilansir dari Medicalxpress, Jumat (22/11).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement