Selasa 12 Nov 2019 15:49 WIB

Lemon Sampai Kopi Bisa Dimanfaatkan untuk Kesehatan Kulit

Tidak ada yang lebih bagus dari bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Merawat kulit (Ilustrasi)
Foto: Piqsels
Merawat kulit (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbagai macam krim, serum dan pelembab mungkin diklaim memiliki khasiat untuk kulit. Namun dari sekian produk perawatan kulit, tidak ada yang lebih bagus dibandingkan dengan bahan alami.

Sejak dulu, bahan-bahan alami dipercaya dapat membuat wajah terlihat lebih segar, awet muda, dan cerah. Dilansir melalui First for Women, Selasa (12/11), bahan alami bisa meremajakan kulit, bahkan dengan waktu singkat.

Baca Juga

Untuk merawat kulit dengan makanan tidak sulit. Berikut bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk kebaikan kulit versi First for Women.

Bintik-bintik penuaan pudar dengan lemon

Berkat vitamin C dan asam sitratnya, lemon bertindak seperti pemutih ringan untuk meringankan bintik-bintik. Lemon dapat mendorong pergantian sel untuk mengungkapkan kulit yang lebih baru dan lebih cerah. Dan menghirup aromanya telah terbukti meningkatkan tingkat energi sebesar 21 persen dalam waktu dua menit.

COBALAH: Campurkan 2 sendok teh jus lemon dan satu sendok makan yogurt tanpa rasa. Tempelkan ke bintik-bintik wajah, lalu bilas setelah 10 menit.

photo
Lemon (Ilustrasi) (dok. Needpix)

 

Bibir merah dengan kayu manis

Kayu manis dapat meningkatkan aliran darah ke area tersebut sehingga bibir terlihat sedikit bengkak, sementara senyawanya meningkatkan produksi kolagen untuk manfaat volumisasi jangka panjang. Ditambah lagi, aroma rempah merangsang sirkulasi, meningkatkan kewaspadaan.

COBALAH: Gabungkan 2 sendok teh kayu manis tanah dan 1⁄2 sendok makan minyak almond (menghidrasi). Oleskan ke bibir dan diamkan selama 2 menit, lalu bilas.  Simpan sisanya dalam wadah yang dapat ditutup kembali.

 

Menenangkan kulit gatal dengan kayu putih

Khasiat anti-inflamasi dan antiseptik dalam minyak kayu putih membantu menenangkan dan menyembuhkan bercak kulit yang merah dan gatal.  Terlebih lagi, aroma tanaman yang menyegarkan merevitalisasi otak untuk meningkatkan produktivitas.

COBALAH: Campurkan 3 tetes minyak esensial kayu putih dan 1 sendok makan minyak kelapa untuk membantu memperbaiki kulit. Oleskan ke kulit yang teriritasi dan diamkan 15 menit, lalu bilas.

photo
Kayu manis (Ilustrasi) (dok. Flickr)

 

Menjaga kesuburan rambut dengan jahe

Mineral dalam jahe menyerap ke dalam kulit kepala untuk memperkuat folikel dan mencegah rontok, sementara vitaminnya menebalkan diameter serat rambut untuk rambut yang tampak lebih penuh. Anda juga dapat mengurangi kelelahan hanya dengan mengendus aroma yang merangsang jahe.

COBALAH: Campurkan 1⁄4 sdt. jahe parut atau bubuk dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Ini dapat menambah kilau rambut. Pijat sebanyak seperempat ukuran ke kulit kepala selama 1 menit (gerakan meningkatkan sirkulasi darah untuk mendorong pertumbuhan baru), kemudian oles rambut dari akar ke ujung dengan sisa campuran. Diamkan selama 20 menit lalu bilas.

 

Mengurangi bengkak mata dengan kopi

Kafein diuretik dapat mengalirkan kembali aliran darah yang membengkak. Selain itu, satu penelitian menemukan bahwa hanya mencium kopi dapat memicu respons kimia yang meningkatkan energi dan kewaspadaan.

COBALAH: Rendam dua bantalan kapas dalam kopi dingin. Tempatkan di mata tertutup selama 5 menit lalu bilas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement