Jumat 08 Nov 2019 18:29 WIB

Aktris Prancis Adele Haenel Pernah Dilecehkan Sutradara Film

Ironisnya, saat itu dia mengira hal itu adalah bentuk kasih sayang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah
Aktris terkemuka Prancis Adele Haenel berpose di San Sebastian, Spanyol, 17 September 2016. Dia mengaku pernah dilecehkan sutradara film saat berusia 12 tahun.
Foto: AP Photo/Alvaro Barrientos
Aktris terkemuka Prancis Adele Haenel berpose di San Sebastian, Spanyol, 17 September 2016. Dia mengaku pernah dilecehkan sutradara film saat berusia 12 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesaksian memilukan kini datang dari salah satu aktris kenamaan di Prancis, Adele Haenel. Ketika berusia 12 tahun, ia mengaku pernah dilecehkan oleh Christophe Ruggia yang merupakan sutradara film.

Pelecehan itu terjadi saat ia memerankan film pertamanya berjudul Las Diables pada 2002. Perempuan yang telah memenangkan dua piala Oscar Prancis ini mengungkap, kala itu dirinya mengalami ciuman paksa di leher dan beberapa sentuhan tidak wajar. Ironisnya, saat itu dia mengira hal itu adalah bentuk kasih sayang Ruggia.

Baca Juga

Dalam wawancara panjang dan mengharukan yang disiarkan langsung oleh situs investigasi Medipart, Haenel yang kini berusia 30 tahun, mengimbau masyarakat Prancis peduli terhadap pelecehan seksual yang bisa terjadi di lingkungan terdekat.

"Monster itu tidak ada. Orang terdekat seperti ayah kita, teman kita, saudara kita yang sedang kita bicarakan. Selama ini kita tidak peduli akan hal itu,” kata Haenel, dilansir Malay Mail, Jumat (8/11).

Kendati demikian, Haenel menolak menggugat Ruggia ke polisi karena dia pesimistis sistem peradilan di Prancis bisa memberikan keadilan padanya. Sementara itu, sutradara Christophe Ruggia pada mulanya membantah telah melakukan pelecehan. Namun, setelah dikeluarkan dari The Guild Art Prancis yang pernah dipimpinnya, dia pun akhirnya mengaku telah melakukan kesalahan.

"Saya tidak melihat apa yang saya lakukan padanya sebagai kesalahan, mungkin mengingat usianya (Haenel) yang masih muda. Jika itu masalahnya, saya mohon maaf," kata Ruggia yang kini berusia 54 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement