Rabu 06 Nov 2019 06:41 WIB

Sejumlah Manfaat Kopi untuk Kulit

Ada sejumlah dampak positif dari kebiasaan kopi untuk kesehatan kulit.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Segelas Kopi (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Segelas Kopi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah anda termasuk orang-orang yang hidup dengan ungkapan, 'Ngopi dulu yuk?' Memulai hari dengan kopi ternyata menjadi kebiasaan lebih dari setengah penduduk Amerika Serikat (AS).

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Kopi Nasional Amerika, 63 persen penduduk Amerika meminum kopi setiap hari. Tetapi karena banyak dari anda mengkonsumsi minuman favorit seluruh umat itu, pernahkah anda bertanya-tanya adakah manfaat kopi bagi tubuh anda? Entah itu mengawali pagi, bersiap menjelang senja, atau memperbaiki mood seusai makan malam.

Baca Juga

Kopi memang lebih sering terdengar keburukannya bagi tubuh, tapi tidak selalu seperti itu. Pemilik Aligned Nutrition, Erica Drewry menganjurkan anda untuk banyak meminum air putih dan mengurangi konsumsi kopi, jika memang kopi memberikan dampak buruk.

"Kopi tidak buruk untuk tubuh anda. Tapi anda harus pastikan kondisi tubuh anda dan memperhatikan bagaimana kopi memengaruhi anda pada masa-masa stres," ungkap Drewry, dilansir dari thethirty.com, Selasa (5/11).

Ternyata, kopi memiliki sejumlah dampak positif bagi kulit. Berikut ulasannya yang telah dirangkum laman thethirty.com.

Dapat Mengurangi Resiko Kanker

Di Norwegia, sebuah studi yang disebut Norwegian Woman and Cancer Study mengeksplorasi hubungan antara kopi dan kanker kulit. Hasilnya? Konsumsi kopi yang telah disaring dapat membantu menurunkan risiko melanoma ganas pada seorang wanita.

Namun, tetap harus menggunakan tabir surya. Selain itu, anda harus menjalani pola hidup dengan hati-hati dan melakukan hal-hal lain yang dapat mengurangi risiko tersebut seperti, makan makanan sehat, tetap aktif beraktivitas, dan berhenti merokok.

Dapat Membuat Kulit Wajah Lebih Awet Muda

Beberapa penelitian telah melihat pengaruh kopi dalam proses peremajaan kulit. Kopi dikenal mengandung antioksidan, yang dikatakan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi efek penuaan.

Dan penelitian lain menemukan bahwa ketika kafein digunakan dalam kosmetik, dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit, merangsang pertumbuhan rambut, dan mencegah penumpukan lemak yang berlebihan dalam sel. Namun anda tidak boleh menganggap ini sebagai solusi anti-penuaan.

Dapat Meningkatkan Energi Anda

Kafein memberikan energi dalam porsi berbeda dengan energi ketika kita melakukan gym atau kegiatan lainnya. Olahraga memang baik untuk kulit (dan jantung, tubuh, suasana hati, dan lainnya).

Dapat Meregenerasi Kulit

Jangan membuang sisa-sisa bubuk kopi, karena itu dapat digunakan kembali untuk dijadikan scrub kulit. Menurut tes non-ilmiah, ini berhasil.

Ambil seperempat cangkir bubuk kopi, dan campur seperempat cangkir gula merah. Tambahkan perasan lemon secukupnya untuk menghasilkan tekstur seperti krim. Oleskan ke kulit, tetapi hindari bagian mata. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan.

Mengurangi Mata Bengkak

Drewry mencoba ini di rumah, dan menikmati keunikan dari kopi. Ambil kopi yang ditumbuk halus dan tambahkan kopi yang sudah dalam bentuk cair. Campur sampai berbentuk seperti krim. Tempatkan pada mata yang bengkak, dan rileks. Bilas sampai bersih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement