Ahad 03 Nov 2019 14:44 WIB

Minuman Ini Bisa Bersihkan Paru-Paru dari Polusi Udara

Semua jenis minuman ini menggunakan bahan-bahan alami.

Rep: Febryan A/ Red: Nora Azizah
Masala Chai (Ilustrasi)
Foto: Pixabay
Masala Chai (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Polusi udara kerap menjadi penyebab penyakit pernafasan seperti batuk dan pilek. Hal lebih buruk akan terjadi pada mereka yang mengidap penyakit asma ataupun bronkitis.

Untuk mengatasinya, tulis laman ndtv.com, Ahad (3/11), terdapat lima jenis minuman sederhana yang dapat membantu. Semuanya menggunakan bahan-bahan alami.

Baca Juga

Pertama, minuman hangat campuran antara jahe, madu dan lemon. Seperti diketahui, jahe mengandung zat anti-inflamasi yang bisa meredakan batuk dan penyumbatan saluran pernafasan.

Sedangkan madu berfungsi untuk menekan intensitas batuk. Adapu lemon dengan vitamin C-nya berguana untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Rebuslah parutan jahe yang sudah ditambahkan satu sendok madu dan beberapa tetes lemon. Setelah disaring, Anda bisa menikmatinya layaknya secangkir teh hangat.

Kedua, teh hijau. Kandungan antioksidannya bisa membersihkan racun dalam tubuh dan juga melancarkan pencernaan. Selain itu, teh hijau juga sangat membantu untuk menurunkan berar badan.

Ke tiga, minuman hangat dengan campuran kunyit dan jahe. Kunyit berkhasiat untuk mengendalikan batuk dan hidung tersumbat. Curcumin dalam kunyit juga berfungsi sebagai anti-inflamasi, antioksidan dan anti-kanker.

Keempat, masala chai. Teh tradisional khas Asia Selatan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi iritasi kerongkongan, batuk dan masalah pernafasan. Sebab, teh ini dibuat dari jahe, kayu manis, cengkeh, lada hitam, kapulaga dan tulsi.

Kelima, teh dari tumbuhan akar manis. Teh akar manis bermanfaat untuk mengurangi batuk dan masalah pernafasan. Selain membuat tenggorokan lega, teh akar manis juga mengandung sifat antivirus dan antimikroba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement