Selasa 29 Oct 2019 05:11 WIB

Bersantai Sejenak dari Pekerjaan

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan waktu santai dari pekerjaan.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah
Waktu santai (Ilustrasi)
Foto: Piqsels
Waktu santai (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pekerjaan adalah bagian besar dari identitas seseorang, sehingga apa pun yang bertentangan dengan itu atau adanya tantangan dapat menimbulkan masalah. Tapi kesibukan yang terus-menerus itu sebenarnya bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental dan produktivitas.

"Itulah mengapa sangat penting untuk bersantai, mengambil liburan mental total dari pekerjaan, dan membiarkan diri Anda pulih kembali," kata Dr. David Ballard, psikolog dan direktur Kantor Psikologi Terapan Asosiasi Psikologi Amerika, dilansir dari Travel and Leisure, Senin (28/10).

Baca Juga

Dalam sebuah penelitian disarankan untuk mengambil waktu istirahat. Istirahat ini tidak harus libur panjang dan mewah, tetapi harus dilakukan ketika seseorang tidak lagi memikirkan pekerjaannya.

Untuk mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas bisa dilakukan dengan beragam cara. Berikut tips istirahat yang disarankan ahli menurut Travel and Leisure.

Ambil cuti

Begitu Anda memutuskan untuk mengambil cuti, lupakan sementara pesan-pesan dari gawai Anda. Anda tidak hanya perlu cuti ketika tidak bekerja, Anda juga perlu cuti ketika Anda tidak memikirkan pekerjaan.

Rencanakan kegiatan santai

Penting untuk merencanakan kegiatan selama liburan yang Anda tahu akan membuat Anda rileks, seperti meditasi atau yoga, berjalan-jalan, atau membaca buku yang bagus. Sangat penting untuk merencanakan waktu senggang atau kegiatan santai bahkan jika Anda memiliki jadwal yang sangat padat untuk liburan.

Luangkan waktu untuk aktivitas menarik di luar pekerjaan

Meskipun penting untuk bersantai, sama pentingnya untuk terlibat dalam aktivitas yang menarik atau menantang bagi Anda, dan tidak terkait dengan pekerjaan. Untuk pengalaman pemulihan stres, sebenarnya membantu jika terlibat dalam hal lain yang Anda rasa menarik. Jika Anda merencanakan liburan di pantai dan akan menghabiskan waktu berjemur, temukan beberapa kegiatan lain, meskipun hanya satu jam sehari.

Tidur berkualitas

Sementara jumlah sebenarnya dari tidur yang Anda butuhkan dapat bervariasi dari orang ke orang, Ballard mengatakan kualitas tidur tanpa gangguan adalah salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan untuk recharge.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement