Senin 28 Oct 2019 12:44 WIB

Jalan-Jalan ke Taman Bersejarah Kenrokuen Kanazawa

Ketika keluarga Maeda masih berkuasa, taman Konrukuen tidak dibuka untuk umum.

Rep: Antara/ Red: Indira Rezkisari
Taman Kenrokuen di Kota Kanazawa, Provinsi Ishikawa, Jepang.
Foto: EPA
Taman Kenrokuen di Kota Kanazawa, Provinsi Ishikawa, Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, KANAZAWA -- Taman Kenrokuen Kanazawa merupakan salah satu dari tiga taman bersejarah di Jepang yang memiliki nilai historis tinggi. Taman Kenrokuen Kanazawa juga menampakkan keeksotisan sama seperti dua taman Konrukuen lainnya di Mito dan Okayama.

Terdapat danau berukuran kecil dan bangunan khas Jepang yang dahulu dijadikan sebagai tempat untuk memantau oleh pemimpin Negeri Sakura itu. "Taman itu dibangun pada jaman pemimpin Maeda," kata pemandu wisata asal Indonesia Rosediana di Kanazawa, Jepang, Senin (28/10).

Rosediana mengatakan Konrukuen dibangun di dataran tinggi dengan tujuan agar pemimpin Maeda dapat melihat situasi dan aktivitas masyarakat di tengah kota.

photo
Taman Kenrokuen di Kota Kanazawa, Provinsi Ishikawa, Jepang.

Taman yang dibangun oleh keluarga Maeda saat berkuasa pada medio 1800-an itu, berukuran seluas 12 hektare. Dan difungsikan sebagai taman di luar Kanazawa Castle.

Ketika keluarga Maeda masih berkuasa, taman Konrukuen tersebut tidak dibuka untuk umum karena hanya diperuntukkan untuk anggota keluarga.

Di dalam Konrukeun terdapat berbagai spot menarik seperti sungai, kolam, air terjun, jembatan, kedai teh, serta sistem pengairan sungai berteknologi canggih. Taman juga dihiasi banyak bunga, pohon, dan bebatuan.

Banyak wisatawan asing maupun turis domestik yang berkunjung.

photo
Taman Kenrokuen di Kota Kanazawa, Provinsi Ishikawa, Jepang.

Di seberang Taman Konrukeun terdapat Istana Kanazawa yang merupakan kediaman keluarga pemimpin Maeda pada era 1500-1800-an.

Komplek Istana Kanazawa terdiri dari bangunan, taman, serta bebatuan sebagai pertahanan dari serangan lawan. Taman Konrukeun Kanazawa buka mulai pukul 07.00-18.00 pada Maret hingga Oktober dan pukul 08.00-17.00 pada Oktober-Februari dengan biaya 300 Yen (atau sekitar Rp 38 ribu) per orang.

Pengunjung dapat menggunakan moda transportasi kereta dari Kanazawa Station yang langsung menuju Kenrokuen dengan lama perjalanan sekitar 15 menit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement