Jumat 25 Oct 2019 09:04 WIB

Menikmati Indahnya Pantulan Matahari di Danau Labuan Cermin

Siapapun yang mengunjungi tempat ini pasti akan berdecak kagum. Namanya, Danau Labuan Cermin di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-Biduk Kalimantan Timur.

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)
Foto: pesona.travel
Foto: pesona.travel

Siapapun yang mengunjungi tempat ini pasti akan berdecak kagum. Namanya, Danau Labuan Cermin di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-Biduk Kalimantan Timur.

Untuk sampai ke tempat itu, pengunjung bisa menempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibu kota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb.

Selain perjalanan darat, bisa juga  menyewa kapal dari dermaga menuju ke Danau Labuan Cermin. Meski perjalanan cukup jauh, dijamin rasa lelah segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada.

Danau Labuan Cermin memiliki air sangat jernih, bahkan dasar dari danau berupa pasir laut bisa terlihat dengan jelas.

Sumber: IDN Times

Dinamakan Labuan Cermin dikarenakan danau ini memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Danau Labuan Cermin memiliki rasa asin yang bisa kita rasakan bila mengecap air dari permukaan, sementara air di dasar danau akan terasa tawar.

Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki sebuah lapisan pemisah sehingga air dapat memantul. Tak jarang juga orang menyebut danau Labuan Cermin ini dengan panggilan ‘Danau Dua Rasa’. Meski terlihat dangkal, harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai 4 hingga 5 meter.

Sumber: Tribunnews

Pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan. Dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat suasana sangat teduh, sehingga sangat tepat dijadikan tujuan wisata untuk sejenak melarikan diri dari keramaian yang kerap ditemui setiap hari.

Baca Juga: 5 Keindahan Danau Toba yang Lebih Luas Dari Singapura

Foto: pesona.travel

Saat berada di Labuan Cermin, pengunjung dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling dan juga menyelam. Saat menyelam menggunakan kacamata snorkeling, akan terlihat beberapa ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan dan ada pula yang jauh di dasarnya. Rasa dari air yang berbeda menyebabkan ikan-ikan terpisah. Ini dapat mempermudah membedakan mana jenis ikan air tawar dan yang mana ikan air laut.

Perlengkapan yang disiapkan di Labuan Cermin juga sangat lengkap. Di dermaga tempat penyeberangan terdapat toko penyewaan alat snorkeling beserta pelampungnya. Bagi yang ingin sekadar bermain air dan bersantai ria di atas ban, di Labuan Cerminnya pun tersedia penyewaan ban dalam mobil bahkan perahu air yang memiliki kaca transparan di bawahnya.

BACA JUGA: Cek Berita AKTIVITAS PRESIDEN, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.  

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement