Rabu 23 Oct 2019 04:26 WIB

Lupus Paling Banyak Menyerang Perempuan

Sembilan dari 10 orang dewasa dengan Lupus adalah perempuan.

Rep: Ali Mansur/ Red: Nora Azizah
Selena Gomez, selebriti dunia yang terdiagnosa mengidap lupus.
Foto: EPA
Selena Gomez, selebriti dunia yang terdiagnosa mengidap lupus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi muda Selena Gomez diketahui telah lama menderita dan berjuang melawan Lupus. Selena menjelaskan bahwa Lupus merupakan penyakit yang mempengaruhi sekitar 1,5 juta orang Amerika. National Resource Center on Lupus menyebutkan mayoritas penderitanya adalah wanita.

Faktanya, sembilan dari 10 orang dewasa dengan Lupus adalah wanita. Biasanya Lupus berkembang selama tahun-tahun masa subur wanita (antara 15 dan 44 tahun). Praktis keberadaannya sangat menghancurkan karena lupus adalah penyakit seumur hidup.

Baca Juga

"Sementara para ilmuwan tidak yakin apa yang menyebabkan Lupus," kata direktur Divisi Divisi Rematologi dan Lupus di NYU Langone Health, kata Dr. Jill Buyon seperti dikutip dari Women's Health, Selasa (22/10).

Dalam beberapa kasus lupus, tidak semua adalah genetik. Namun ada pengobatan yang efektif untuk penyakit ini, yang paling umum itu Plaquenil atau hydroxychloroquine, anti-malaria. Tentunya, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan sangat ditoleransi oleh kebanyakan orang.

"Dan kemudian ada terapi lain yang membangunnya tergantung pada aspek penyakit apa yang kamu miliki," ungkap Buyon.

Lanjut Buyon, gejala-gejala lupus sangat bervariasi. Mulai dari penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan hingga ruam. Akibatnya, sangat jarang bagi pasien untuk datang ke kantor dokter dengan gejala yang jelas-jelas menunjukkan penyakitnya. Hal Ini lebih dari diagnosis proses-eliminasi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement