Senin 21 Oct 2019 22:42 WIB

Jangan Sampai Ngedrop karena Cuaca Panas, Ini Solusinya!

Meningkatnya suhu udara berisiko terkena paparan debu hingga terjangkit penyakit.

Rep: Umi Soliha/ Red: Nora Azizah
Cuaca panas (ilustrasi)
Foto: greatdaymoving.com
Cuaca panas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak beberapa hari lalu suhu di beberapa wilayah Indonesie terasa terik dan panas di siang hari. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatatkan suhu udara maksimum berkisar antara 25 hingga 36.5 derajat celcius di beberapa wilayah di Indonesia.

Meningkatnya suhu udara juga menyebabkan risiko paparan debu dan serangan serangga penyebab penyakit meningkat. Bahkan, meningkatnya suhu udara dapat memengaruhi metabolisme tubuh.

Baca Juga

Oleh karena itu, kita harus memerhatikan kondisi kesehatan agar tidak sakit saat musim panas seperti sekarang ini. Berikut tips menjaga tubuh tetap sehat saat musim panas, seperti dilansir dari Hellomagazine.com, Senin (21/10), berikut ini.

Banyak minum air putih

Cuaca panas membuat tubuh lebih mudah untuk berkeringat sehingga tubuh sangat rentan pula mengalami dehidrasi. Untuk mencegah dehidrasi saat musim panas adalah dengan minum air putih sebanyak delapan gelas per hari. Kurangi minuman yang bersoda dan mengandung kafein karena minuman tersebut tidak membantu memunuhi cairan tubuh selaknya air putih.

Cukup tidur

Cukup tidur sangat membantu untuk membuat daya tubuh tetap optimal. Daya tahan tubuh yang optimal membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit yang muncul saat kemarau.

Orang dewasa dianjurkan tidur sekitar delapan jam per hari. Daya kinerja tubuh pun tetap terjaga baik karena selama tidur sel -sel tubuh yang rusak mengalami proses perbaikan.

Jaga kebersihan diri dan makanan

Saat musim panas, paparan debu akan semakin tinggi, sehingga membuat makanan mudah terkontaminasi bakteri.Untuk menjaga kebersihan diri Anda diharuskan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu, Anda harus mandi minimal dua kali sehari.

Konsumsi makanan sehat

Makanan yang sehat sangat membantu menjaga tubuh tetap fit. Saat musim panas, disarankan untuk memakan makanan yang mengandung banyak mineral seperti semangka, jeruk, mentimun dan sebgainya.

Tetap aktif

Saat musim panas, seseorang disarankan untuk tetap aktif, seperti berolahraga.  Olahraga yang dilakukan pun tidak perlu yang berat, disesuaikan dengan kondisi tubuh dan miat serta dilakukan secara teratur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement