Sabtu 19 Oct 2019 03:52 WIB

Peringati World Sight Day 2019 dengan JEC Bakti

JEC memberikan operasi katarak gratis pada Hari Penglihatan Sedunia 2019.

Bakti katarak yang dilakukan JEC.
Foto: Dok. Ist
Bakti katarak yang dilakukan JEC.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kebutaan dan gangguan penglihatan masih menjadi masalah kesehatan di berbagai negara di dunia. WHO mencatat angka kebutaan di dunia mencapai 36 juta orang pada 2015. Dalam upaya menekan angka kebutaan ini, organisasi International Agency for the Prevention of Blindness (IAPB) setiap tahunnya menyelenggarakan World Sight Day (WSD) atau Hari Penglihatan Sedunia yang jatuh setiap Kamis kedua di bulan Oktober. 

 

WSD 2019 mengambil tema ‘Vision First' – mengajak warga dunia untuk lebih peduli terhadap masalah kebutaan dan gangguan penglihatan, dengan harapan dapat menekan angka kebutaan di dunia.

 

”Mata adalah jendela dunia yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Kerusakan penglihatan menyebabkan turunnya produktivitas seseorang, dan bahkan masa depan seseorang. Namun lebih dari 80% kerusakan penglihatan dan kebutaan masih dapat dicegah dan direhabilitasi melalui tindakan operasi,” kata Kepala Bedah Refraktif JEC dan Direktur Utama JEC Menteng, Dr. Setiyo Budi Riyanto, SpM(K).

 

“Setelah melalui tindakan operasi katarak dan penyembuhan, pasien terbukti mendapatkan kembali ketajaman penglihatannya dan bebas dari ketergantungan bantuan orang lain. Sehingga dapat dikatakan tindakan operasi  katarak meningkatkan produktivitas pasien, bila dibandingkan kondisinya sebelum menjalani operasi,” lanjut Dr. Setiyo.

 

Dia mengatakan, JEC berupaya memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan dan mengedepankan aspek-aspek sosial yang terjadi di masyarakat. "Ini antara lain melalui kegiatan rutin Bakti Katarak, operasi katarak gratis bagi masyarakat kurang mampu, juga pemeriksaan mata gratis dan pemberian kacamata gratis kepada anak-anak," ujarnya.

 

Ketua Panitia Bakti Katarak 2019 dan Kepala Klinik Utama Mata JEC Cibubur Dr. Emma Rusmayani, SpM menambahkan, JEC Eye Hospitals & Clinics berusaha konsisten membantu masyarakat mendapatkan akses  layanan kesehatan mata berkualitas. Ini semua dilakukan melalui kegiatan Bakti Katarak yang telah menjadi tradisi rutin tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility).

 

“Bakti ini dilakukan di 3 Klinik Utama Mata JEC secara serentak yaitu di JEC Cibubur, JEC Cinere, dan JEC Bekasi bekerjasama dengan Bukaka Teknik Tbk. Kami berharap kemitraan ini dapat terus terjalin dan semakin banyak lagi mitra kerja yang terlibat, sehingga dapat memperkecil jumlah penderita katarak di Indonesia,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement