Jumat 18 Oct 2019 01:23 WIB

Lemak Perut 'Membandel', Berikut Cara Mengatasinya

Mengurangi karbohidrat merupakan cara sehat untuk mengatasi lemak di perut.

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)
Tips agar perut rata
Foto: republika
Tips agar perut rata

Ceknricek.com -- Perut yang berlemak merupakan salah satu hal yang membuat seseorang jadi tidak percaya diri. Lemak di perut juga dapat memicu sejumlah penyakit. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan lemak perut.

Ada beberapa cara sehat yang bisa Anda lakukan untuk membuat lemak membandel hilang dari perut. Berikut tips mudah mengatasi lemak perut yang sudah terbukti secara ilmiah, yang dirangkum dari berbagi sumber.

Batasi konsumsi karbohidrat

Mengurangi karbohidrat merupakan cara sehat untuk mengatasi lemak di perut. Untuk mengurangi berat badan dan lemak di perut, kurangi konsumsi karbohidrat 50 gram per hari hingga berat badan ideal berhasil tercapai.

Perbanyak Protein

Perbanyaklah mengonsumsi protein daripada gula. Protein merupakan makronutrien paling penting untuk menurunkan berat badan. Studi menunjukkan, protein meningkatkan metabolisme dan membantu mengurangi konsumsi kalori setiap hari.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan, protein efektif melawan lemak di perut. Studi juga mendapati, jumlah dan kualitas protein yang dikonsumsi berbanding terbalik dengan lemak di perut. Artinya, orang yang makan lebih banyak protein, memiliki lemak perut yang jauh lebih sedikit.

Kaya serat

Asupan makanan kaya serat, terutama serat larut, akan mempercepat hilangnya lemak di perut. Konsumsilah makanan nabati seperti sayuran dan buah. Tak hanya itu saja gandum utuh juga baik dikonsumsi karena tinggi serat.

Studi menunjukkan, tambahan 14 gram serat per hari dapat dikaitkan dengan penurunan 10 persen dalam asupan kalori dan penurunan berat badan 2 kg dalam empat bulan.

Baca Juga: Pembekuan, Cara Terbaru Hilangkan Lemak 

Tidak makan gula

Selain mengurangi takaran karbohidrat Anda juga perlu menghindari konsumsi gula. Gula mengandung sederet bahaya untuk kesehatan metabolisme.

Konsumsi gula berlebih membuat hati terpaksa mengolahnya menjadi lemak. Artinya, konsumsi gula justru akan semakin menambah lemak di perut. Oleh karena itu, hindari konsumsi gula dari makanan serta minuman yang mengandung pemanis.

Olahraga

Imbangi makanan yang bergizi dengan aktivitas fisik atau olahraga rutin. Lakukan olahraga dengan menggerakkan seluruh tubuh, bukan hanya bertumpu di bagian perut.

Studi menunjukkan, variasi olahraga lebih efektif untuk cara mengatasi lemak perut. Olahraga aerobik seperti berlari dan berenang dapat dilakukan karena mengaktifkan seluruh bagian tubuh.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement